Jakarta Selatan Banjir, Djarot Ajak Warga Tertib Hunian dan Buang Sampah - Kompas.com
Jumat, 5 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Jakarta Selatan Banjir, Djarot Ajak Warga Tertib Hunian dan Buang Sampah

Minggu, 28 Agustus 2016 | 11:36 WIB
KOMPAS.com/Nibras Nada Nailufar Basement Colony Kemang masih terendam banjir, Minggu (28/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, banjir di Jakarta saat ini tidak hanya terjadi di bantaran sungai. Banjir juga terjadi di beberapa wilayah di Jakarta, salah satunya Kemang, Jakarta Selatan.

"Semalam banjir di Jakarta Selatan, Kemang, Gandaria. Selalu jadi pertanyaan, apa yang kita perbuat agar tidak terjadi banjir," ujar Djarot dalam acara Pesta Jubileum 50 Tahun HKBP Srengseng Sawah Lenteng Agung di Gedung Pertemuan Sejahtera, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (28/8/2016).

Djarot menyebut banjir terjadi karena banyak warga yang tidak tertib hunian dan membuang sampah.

"Kita tidak tertib membuang sampah, tidak tertib hunian, dekat dengan tanggul sehingga mudah jebol. Terjadi ketidakseimbangan alam," kata dia.

Dia pun mengingatkan para jemaah HKBP Srengseng Sawah Lenteng Agung untuk menaati 5T, yakni tertib hunian, tertib lalu lintas, tertib pedagang kaki lima (PKL), tertib demo, dan tertib membuang sampah.

"Kami mohon bantuan, kerja sama jemaah HKBP untuk sama-sama membangun Jakarta sehingga Jakarta berbenah menjadi ibu kota negara yang sejajar dengan ibu kota negara lain," ucap Djarot.

Djarot mengatakan, permasalahan di Jakarta harus diselesaikan bersama-sama dengan masyarakat. Dengan begitu, Jakarta bisa sejajar dengan Ibu Kota negara-negara lain di dunia.

"Jakarta harus kota tangani secara bersama, tidak boleh bergantung sama 1-2 orang. Kita semua bertanggung jawab," ujarnya.

Kompas TV Sejumlah Titik di Jakarta Terendam Banjir



Penulis: Nursita Sari
Editor : Ana Shofiana Syatiri