8 September 2016, KPUD DKI Mulai Mutakhirkan Daftar Pemilih Pilkada - Kompas.com
Rabu, 3 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

8 September 2016, KPUD DKI Mulai Mutakhirkan Daftar Pemilih Pilkada

Selasa, 23 Agustus 2016 | 14:54 WIB
KOMPAS Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta akan segera melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih tetap untuk Pilkada DKI Jakarta 2017. Pemutakhiran data akan dilakukan mulai 8 September 2016 hingga 7 Oktober 2016.

Komisioner KPUD DKI Jakarta, Bety Epsilon Idroos mengungkapkan kepastian soal rencana pemutakhiran DPT setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait pada Selasa (23/8/2016) pagi tadi.

"Intinya, kami kasih tahu bahwa 8 September PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) akan terjun ke seluruh wilayah untuk lakukan coklit (pencocokan dan penelitian)," kata Bety saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Selasa.

Pemutakhiran itu bertujuan menghasilkan data pemilih yang berkualitas, akurat dan komprehensif. Sebelum terjun ke lapangan, PPDP akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait proses pemutakhiran data. Pasalnya, petugas akan bertanya langsung satu per satu kepada warga DKI Jakarta.

"Nanti dilihat datanya dan disinkronisasi status pemilihnya. Misalnya, statusnya sudah menjadi TNI/Polri, nanti di-update, atau nanti ternyata penyandang disabilitas, maka disesuaikan," ungkap Bety.

Bety belum mengungkapkan berapa jumlah petugas yang akan diterjunkan untuk melakukan pemutakhiran DPT. Pasalnya, jumlah itu tergantung dari jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Nah untuk TPS saat ini masih kami susun jumlahnya. Jadi belum bisa ditentukan," tegas Bety.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kahfi Dirga Cahya
Editor : Fidel Ali