PKB Akan Deklarasikan Sandiaga-Saefullah karena PDI-P Lambat Sikapi Pilkada DKI - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

PKB Akan Deklarasikan Sandiaga-Saefullah karena PDI-P Lambat Sikapi Pilkada DKI

Selasa, 23 Agustus 2016 | 08:35 WIB
Nursita Sari Pengurus DPD PDI-P dan DPW PKB DKI Jakarta seusai mengadakan pertemuan tertutup di Kantor DPD PDI-P DKI, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tak kunjung memberikan kepastian soal Koalisi Kekeluargaan. Sikap PDI-P itu menjadi salah satu alasan PKB segera mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Sandiaga Uno dan Saefullah, dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Wakil Ketua DPW PKB DKI Jakarta Abdul Azis mengatakan, partainya sudah meluangkan waktu untuk menunggu keputusan PDI-P. Akan tetapi, desakan dari masyarakat pemilih PKB ia sebut sangat kuat dan meminta partainya segera menentukan sikap terkait Pilkada DKI.

"Kami akan hormati apapun keputusan PDI-P, tapi ternyata basis PKB mengharapkan kepastian," kata Azis, saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/8/2016).

Menurut Azis, keputusan deklarasi pasangan Sandiaga-Saefullah berlaku selama PDI-P tak masuk dalam Koalisi Kekeluargaan. Bila partai berlambang banteng itu bergabung, tak tertutup kemungkinan akan ada perubahan.

Saat ini, setidaknya ada empat partai yang menunjukkan gelagat positif untuk mendukung Sandiaga-Saefullah. Empat partai selain PKB itu adalah Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, dan PAN.

"Secara setuju langsung sih enggak, tapi kemungkinan akan begabung dipastikan secepatnya akan deklarasi juga," ujar Azis.

Kompas TV 7 Parpol Bentuk "Koalisi Kekeluargaan" Pilkada DKI



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kahfi Dirga Cahya
Editor : Indra Akuntono