Politikus Partai Gerindra Duga PDI-P Akan Keluar dari "Koalisi Kekeluargaan" - Kompas.com
Minggu, 19 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Politikus Partai Gerindra Duga PDI-P Akan Keluar dari "Koalisi Kekeluargaan"

Senin, 22 Agustus 2016 | 11:42 WIB
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Ketua Tim Penjaringan Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Syarif dalam acara diskusi di bilangan Cikini, Jakarta, Sabtu (30/7/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com - Koalisi Kekeluargaan sedang mempersiapkan dua skema dalam koalisi di Pilkada DKI Jakarta. Anggota DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Syarif mengatakan skema pertama adalah PDI-Perjuangan masih bersama dengan "Koalisi Kekeluargaan".

Sementara skema kedua adalah Koalisi Kekeluargaan maju tanpa PDI-Perjuangan. Kedua skema tersebut memengaruhi langkah dan strategi Koalisi Kekeluargaan.

"Boleh jadi nanti PDI-P ikut Ahok atau PDI-P tidak dukung Ahok namun mencalonkan sendirian, Koalisi Kekeluargaan akan tetap jalan," ujar Syarif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Senin (22/8/2016).

Maksud Syarif, kemungkinan PDI-P tidak mendukung Ahok masih ada. Jika hal itu terjadi dan PDI-P memisahkan diri dari Koalisi Kekeluargaan, Syarif mengatakan bisa saja akan ada koalisi baru.

Koalisi baru tersebut, kata Syarif, akan memiliki semangat yang sama dengan Koalisi Kekeluargaan. Meskipun nama koalisinya nanti bukan Koalisi Kekeluargaan. Jika itu terjadi, Syarif menyebut ada Koalisi Kekeluargaan kembar dalam Pilkada DKI 2017.

"Nanti bisa terjadi koalisi kembar, Koalisi Kekeluargaan satu dan Koalisi Kekeluargaan kedua. Tapi itu tidak apa-apa karena yang penting intinya bersama sama tidak mendukung Ahok kan," ujar Syarif.

"Kalau PDI-P ikut Ahok berarti Koalisi Kekeluargaan berkurang 1 parpol. Kalau PDI-P tidak dukung Ahok dan mencalonkan sendiri, berarti ada Koalisi Kekeluargaan kembar," tambah Syarif. (Bac: Bambang DH: Emang Ada yang Nyatakan PDI-P Keluar dari "Koalisi Kekeluargaan"?)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Jessi Carina
Editor : Fidel Ali