Deklarasi Risma di Cakung Diwarnai Bakar "Form" Dukungan untuk Ahok-Heru - Kompas.com
Selasa, 2 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Deklarasi Risma di Cakung Diwarnai Bakar "Form" Dukungan untuk Ahok-Heru

Kamis, 18 Agustus 2016 | 22:57 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Aksi deklarasi dukungan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dilakukan di depan sebuah musalah di kawasan Jatinegara Cakung RT 14 RW 08, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (18/8/2016) malam

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi deklarasi dukungan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dilakukan di depan sebuah musala di kawasan Jatinegara Cakung RT 14 RW 08, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (18/8/2016) malam.

Kali ini berbeda dengan deklarasi serupa sebelumnya, karena diwarnai aksi bakar form dukungan Ahok-Heru dan belah buah kelapa. Dalam aksi ini, belasan perwakilan warga kampung setempat bergabung dalam Gerakan Masyarakat Pendukung Risma (Gempur) dan dihadiri Ketua Umum Gerak Indonesia Emi Sulyuwati. Deklarasi diawali dengan sambutan warga yang menyatakan dukungan kepada Risma.

"Deklarasi ini untuk calon gubernur DKI Ibu Risma yang dari Jawa Timur. Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan terkabul," kata salah satu warga Ujang, mengawali sambutan, Kamis malam.

Beberapa prestasi Risma dibeberkan warga dalam deklarasi tersebut, salah satunya berhasil meraih penghargaan Adipura secara berturut-turut.

"Ibu Risma meraih empat kali piala Adipura berturut-turut sejak 2011 sampai 2014. Ibu Risma pemimpin yang mengayomi masyarakat," ujar Ujang.

Setelah itu warga membacakan pernyataan deklarasi. Di akhir pembacaan deklarasi, warga mengambil belasan form dukungan Ahok-Heru lalu membakarnya.

Menurut Ketua Umum Gempur, Rangga, aksi bakar form dukungan Ahok-Heru itu karena petahana Basuki Tjahaja Purnama mengingkari janjinya yang semula hendak maju melalui jalur independen.

"Dia telah membohongi publik dengan form tersebut. Dia mencari keuntungan sendiri lewat partai politik untuk bisa ke DKI, jadi mengingkari kepercayaan publik," ujar Rangga.

Sementara aksi belah kelapa sebagai tanda jadi dukungan warga kepada Risma untuk ikut Pilkada DKI.

"Karena Ibu Risma terlalu berat tinggalkan Surabaya karena ada amanahnya di situ. Belah kelapa tanda jadi dukungan perjuangan ibu Risma ke DKI satu," ujar Rangga.

Ketua Umum Gerak Indonesia, Emi Sulyuwati mengatakan, ini adalah deklarasi ke 17 yang digelar. Deklarasi ini serupa dengan deklarasi lain sebelumnya yang digelar di beberapa wilayah Ibu Kota. Pihaknya masih akan menggelar deklarasi lagi ke depannya.

"Kami akan terus melakukan deklarasi sampai PDI Perjuangan memberikan rekomendasinya kepada Ibu Risma," ujar Emi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Robertus Belarminus
Editor : Fidel Ali