Djarot Benarkan Ada Indikasi Kuat Pengusungan Ahok dan Dia di Pilkada DKI 2017 - Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Djarot Benarkan Ada Indikasi Kuat Pengusungan Ahok dan Dia di Pilkada DKI 2017

Kamis, 18 Agustus 2016 | 14:30 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendatangi kantor DPP PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Rabu (17/8/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menjelaskan soal pertemuan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, kemarin. Dia mengakui ada indikasi kuat dia dan Basuki akan dipasangkan kembali dalam Pilkada DKI 2017.

"Betul bahwa kemarin Pak Ahok itu datang ke DPP partai di Diponegoro dan kita terima dengan baik. Memang indikasinya ke sana (Ahok dan Djarot) tapi kita lihat juga untuk menunggu mekanisme partai," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (18/8/2016).

Djarot mengatakan DPP akan melakukan serangkaian mekanisme terlebih dahulu sebelum benar-benar mengeluarkan rekomendasi tertulis.

Dikatakan Djarot, DPP akan melakukan evaluasi terkait kinerja petahana selama menjalankan pemerintahan. Termasuk kinerja Djarot yang merupakan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Jadi bagaimana kerjasama antara kepala daerah serta apakah mempunyai satu rencana jangka panjang karena kita kan PDI-P yang pertama kali menyampaikan pentingnya pembangunan nasional," ujar Djarot.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri, Rabu (17/8/2016), sore. Menurut Basuki, dalam pertemuan itu, Megawati menunjukkan kecenderungan akan mengusung bakal calon gubernur petahana.

"Bu Mega kan ada tiga opsi. Tapi Bu Mega lebih cenderung (usung) petahana," kata Ahok. (Baca: Ahok: Bu Mega Setuju Usung Ahok-Djarot, Bukan dengan Heru)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Jessi Carina
Editor : Fidel Ali