Risma: Merdeka Itu Mengangkat Kesejahteraan Rakyat - Kompas.com
Selasa, 2 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Risma: Merdeka Itu Mengangkat Kesejahteraan Rakyat

Selasa, 16 Agustus 2016 | 12:20 WIB
KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berbicara kepada wartawan di Gedung Sawunggaling, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/8/2016).

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia bukan sekadar ritual mengangkat bendera sebagai simbol kemerdekaan.

Dalam konteks saat ini, menurut dia, kemerdekaan adalah mengangkat kesejahteraan masyarakat, serta berperang melawan penjajahan ekonomi.

"Dulu mungkin kita berperang mengangkat senjata, mengangkat bendera melawan penjajah, tapi sekarang kita mengangkat kesejahteraan rakyat dengan berbagai cara," kata Risma, Selasa (16/8/2016).

Mengangkat kesejahteraan masyarakat, lanjut dia, adalah perjuangan dalam dunia nyata yang sangat relevan untuk konteks saat ini.

"Karena jika tidak, sebenarnya kita masih belum merdeka," tambahnya.

Selain mengangkat kesejahteraan masyarakat, Risma juga memakai kemerdekaan dalam konteks masyarakat terlepas dari model penjajahan baru, yakni penjajahan ekonomi.

"Karena itu sendi-sendi perekonomian rakyat harus diperkuat," ujarnya.

Apalagi, lanjut Risma, saat ini Indonesia memasuki era perdagangan bebas ASEAN. Risma mengatakan, Pemkot Surabaya terus memperkuat daya tahan perekonomian rakyat dengan memberikan bimbingan, permodalan, hingga izin usaha agar mereka tidak ditindas oleh aktifitas ekonomi dari negara lain.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Caroline Damanik