Kata DPW PKS soal Pasangan Sandiaga-Saefullah yang Dimunculkan Taufik - Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Kata DPW PKS soal Pasangan Sandiaga-Saefullah yang Dimunculkan Taufik

Senin, 15 Agustus 2016 | 22:40 WIB
Kompas.com/Alsadad Rudi Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik (kiri) bersama dengan Ketua DPW PKS Syakir Purnomo usai acara penjaringan bakal calon gubernur Gerindra, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Syakir Purnomo menganggap wajar adanya usulan pasangan Sandiaga Uno-Saefullah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik sebelumnya mantap akan mengusung pasangan calon tersebut untuk mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Mungkin yang dimaksud Pak Taufik, (usulan pasangan calon Sandiaga-Saefullah) adalah (pasangan alternatif) di antara opsi-opsi yang mungkin dibuat," kata Syakir kepada Kompas.com, Senin (15/8/2016).

Dia mengatakan, tiap pimpinan partai politik memiliki hak yang sama untuk menyampaikan usulan dalam Koalisi Kekeluargaan. Partai Gerindra dan PKS merupakan dua dari tujuh partai di wilayah DKI Jakarta yang tergabung dalam "Koalisi Kekeluargaan".

Ia mengatakan, usulan pasangan calon Sandiaga-Saefullah menjadi satu opsi yang perlu dipertimbangkan.

"Akan dibicarakan di Koalisi Kekeluargaan. Yang pasti Koalisi Kekeluargaan akan mengajukan pasangan calon yang berpeluang besar menang dalam Pilgub DKI 2017," kata Syakir.

Meski demikian, dia menyebut DPP tiap partai politik lah yang berwenang menentukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan didukung.

"Pada akhirnya ketetapan terakhir terkait kandidat, menjadi kewenangan DPP masing-masing partai," kata Syakir.

Pasangan calon Sandiaga-Saefullah diusulkan oleh Mohamad Taufik. Dia menyebut partai politik yang tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan sepakat untuk mengusung pasangan tersebut.

Sandiaga merupakan bakal calon gubernur dari Partai Gerindra. Sedangkan Saefullah merupakan Sekda DKI Jakarta yang menyatakan kesiapannya maju Pilkada DKI Jakarta. Jika ada partai politik yang berminat mengusungnya. (Baca: Taufik: Sandiaga-Saefullah untuk Jakarta Beradab, Mantap Pasti Jadi!)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Fidel Ali