Partai Gerindra Enggan Usung Rizal Ramli pada Pilkada DKI Jakarta - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Partai Gerindra Enggan Usung Rizal Ramli pada Pilkada DKI Jakarta

Senin, 15 Agustus 2016 | 17:23 WIB
Kahfi Dirga Cahya Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Rizal Ramli di Lebaran Betawi Ke-9, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik memastikan partainya tidak akan mengusung mantan Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Sebab, lanjut dia, Gerindra telah memiliki bakal calon gubernur.

"Ya enggak apa-apa, bagus aja (Rizal Ramli maju Pilkada). Kalau Gerindra kan sudah ada Sandiaga Uno (jadi bakal calon gubernur)," kata Taufik, di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (15/8/2016).

Dia menyebut, Gerindra berpeluang untuk mengusung pasangan calon Sandiaga-Saefullah, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Meskipun kursi yang dimiliki Gerindra di DPRD DKI Jakarta tak mencukupi untuk mengusung pasangan Sandiaga-Saefullah.

Gerindra harus berkoalisi dengan partai politik lainnya untuk dapat mengusung pasangan calon tersebut. Taufik menyebut, partai-partai yang tergabung dalam "Koalisi Kekeluargaan" akan menyepakati pasangan Sandiaga-Saefullah.

"Sekarang kan (urusan) timnya Rizal Ramli. Kalau maju sekarang kan 'lubangnya' (jalurnya) cuma lewat partai politik, 'lubang' (jalur) perseorangan sudah ditutup," kata Taufik.

Beberapa pihak sebelumnya mendorong Rizal Ramli untuk bertarung pada Pilkada DKI Jakarta. Pihak itu antara lain Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Kelompok relawan "Orang Kita" yang dipimpin musisi Ahmad Dhani.

Rizal pun menyatakan ingin lebih dulu mendengar aspirasi dari masyarakat Jakarta. Aspirasi itu salah satunya keinginan adanya perubahan di Ibu Kota pada masa mendatang. Ia juga berharap adanya aspirasi itu datang dari gerakan rakyat yang menghendaki Jakarta lebih makmur. (Baca: Rizal Ramli Masih Menunggu Aspirasi Warga Jakarta)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Fidel Ali