Ahok Ditegur Ibunya karena Dianggap Menyinggung Risma - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ahok Ditegur Ibunya karena Dianggap Menyinggung Risma

Jumat, 12 Agustus 2016 | 11:03 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/7/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com -
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak menyangka Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini merespons ucapannya dengan menggelar jumpa pers. Ia juga mengaku sampai ditegur Ibu serta adiknya karena dianggap menyinggung Risma.

"Karena aku enggak pernah pikir Bu Risma bisa ngamuk, marah, konferensi pers sampai baper (bawa perasaan) gitu, aku juga kaget lho. Aku langsung dikritik, sampai adik saya, Ibu saya, semua kritik saya," kata Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Tak hanya itu, Basuki mengungkapkan dirinya dimarahi seorang temannya yang berprofesi dokter. Basuki bahkan mengaku banyak menerima pesan di ponselnya yang mempertanyakan maksud ucapannya mengenai Jakarta Selatan dan Surabaya sampai membuat Risma bereaksi.

"Wah aku di-omel-omelin nih. 'Eh lo tahu enggak, Risma nih orang baik dan jujur, kenapa lo cari musuh'," kata Basuki menirukan pernyataan yang datang padanya.

"Aku pikir, aku nyari musuh di mana? Dikirimin terus lho (whatsapp). Dalam hati ku ini gara-gara (media) nih," kata Basuki.

( Baca : Risma: Surabaya Salah Apa sama Pak Ahok? )

Basuki sebelumnya menyebut sejumlah media salah mengartikan maksud pernyataannya. Hal tersebut terkait dengan ucapan Ahok yang membandingkan penataan kota Surabaya dan Jakarta.

Risma tak terima jika Surabaya disebut hanya sebesar Jakarta Selatan. Adapun maksud Basuki membandingkan Surabaya dengan Jakarta Selatan, karena sama-sama merupakan pemerintahan kota. Sehingga tidak apple to apple jika membandingkan kinerja provinsi dengan kota.

( Baca: Ingin Adu Program, Ahok Berharap Pilkada DKI Diikuti Kepala Daerah Lain )

Kompas TV 17 Kampung "Oke-kan" Risma Ikut DKI 1

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Indra Akuntono