Tak Adanya Calon Independen Ringankan Tugas Petugas KPU DKI - Kompas.com
Senin, 1 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Tak Adanya Calon Independen Ringankan Tugas Petugas KPU DKI

Senin, 8 Agustus 2016 | 19:50 WIB
KOMPAS/DIDIE SW Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Soemarno menyebut tidak adanya bakal calon independen akan meringankan tugas anggotanya. Sebab, tidak akan ada tugas untuk memverifikasi data KTP dukungan.

Soemarno mengatakan, dengan tidak adanya tugas untuk memverifikasi data KTP, maka anggota KPU akan fokus menyelesaikan tugas-tugas yang lain.

"Tugasnya jadi lebih ringan. Karena tugas (petugas KPU)-nya kan banyak. Ada pemutakhiran data pemilih, sosialisasi dan segala macam," kata Soemarno saat dihubungi, Senin (8/8/2016). (Baca: Pilkada DKI 2017 Akhirnya Tanpa Calon Independen)

Verifikasi faktual pada awalnya dijadwalkan akan dilangsungkan pada mulai 21 Agustus hingga 3 September 2016. Namun, karena selama dibukanya masa penyerahan berkas dukungan tak ada bakal calon yang memenuhi syarat jumlah minimal dukungan data KTP, maka dipastikan tidak akan ada calon independen yang maju di Pilkada 2017.

Data KTP dukungan yang harus dipenuhi calon independen yang ingin mendaftar ke KPU adalah 532.213 data KTP.

"Karena enggak ada calon, ya nggak ada verifikasi faktual. Calonnya enggak ada apanya yang mau diverifikasi," ujar Soemarno. (Baca: KPU DKI Resmi Tutup Penyerahan Persyaratan Calon Perseorangan)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Alsadad Rudi
Editor : Fidel Ali