Siapa 3 Pasangan Cagub Jalur Independen yang Akan Daftar ke KPU DKI Hari Ini? - Kompas.com
Sabtu, 20 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Siapa 3 Pasangan Cagub Jalur Independen yang Akan Daftar ke KPU DKI Hari Ini?

Minggu, 7 Agustus 2016 | 11:05 WIB
Nursita Sari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Minggu (7/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan, pihaknya menerima informasi bahwa akan ada tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar melalui jalur perseorangan pada Minggu (7/8/2016) ini.

Mereka akan daftar dan menyerahkan berkas dukungan sebagai syarat untuk mengikuti Pilkada DKI 2017 di jalur perseorangan.

"Sampe kemarin itu tim yang konfirmasi ke KPU, tim bakal pasangan calon, sejumlah tiga orang yang akan datang menyerahkan dukungan pada hari ini," kata Sumarno di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat.

Salah satu bakal pasangan calon dikabarkan akan diantar 10.000 pendukung, yakni pasangan Jamaluddin Amran dan Rustam Effendi. Sumarno mengaku belum tahu latar belakang dua orang itu.

Dua bakal pasangan calon lainnya Sumarno belum mau menyebutkan identitasnya. Dia hanya memberikan informasi ciri-ciri bakal pasangan calon tersebut.

"Yang satu ini pernah mendaftar DPD waktu Pileg 2014, dia punya basis dukungan. Kemudian tokoh pemuda. Pengamat ekonomi yang sudah jauh hari mendeklarasikan diri untuk maju dari jalur perseorangan," kata dia.

KPU DKI akan menunggu pendaftaran ketiga bakal pasangan calon tersebut hingga pukul 16.00 hari ini. Tim verifikasi sudah bersiapkan dan sudah melakukan briefing bersama.

"Kami akan tunggu sampe pukul 16.00 nanti. Yang jelas KPU sudah menyiapkan petugas, hari ini petugasnya kami maksimalkan untuk mengantisipasi memang tiga bakal pasangan calon atau lebih yang datang," kata Sumarno.

Hari ini merupakan hari terakhir penyerahan berkas dukungan untuk pendaftaran calon perseorangan pada Pilkada DKI 2017. Pendaftaran sudah dibuka sejak Rabu lalu.

Hingga saat ini belum ada satu pun pasangan calon yang mendaftar ke KPU DKI. Beberapa orang yang datang ke KPU pun hanya untuk berkonsultasi.

Penulis: Nursita Sari
Editor : Egidius Patnistik