Semua Orang Bisa Jadi Editor untuk Google Maps - Kompas.com
Sabtu, 18 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Semua Orang Bisa Jadi Editor untuk Google Maps

Jumat, 22 Juli 2016 | 12:47 WIB
Techcrunch Semua orang bisa edit Google Maps.

KOMPAS.com - Google Maps mulai melibatkan pengguna untuk meningkatkan akurasi informasi pada layanannya. Mulai hari ini, Jumat (22/7/2016), beberapa pengguna Maps sudah bisa mengedit lokasi dan informasi detail suatu tempat.

Tak cuma itu, pengguna juga bisa mengonfirmasi hasil editan yang dibuat orang lain. Mekanisme seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kebenaran informasi di Maps.

Meski baru diperuntukan bagi beberapa pengguna, Google berjanji kemampuan ini bakal segera dirasakan semua pengguna Maps dalam beberapa bulan ke depan, sebagaimana dilaporkan TechCrunch dan dihimpun KompasTekno, Jumat (22/7/2016).

Jika Anda sudah melihat opsi "Suggest an Edit" dan "Add a Missing Place" pada aplikasi Maps, berarti Anda adalah satu dari sebagian kecil pengguna beruntung. Anda bisa memasukkan informasi tempat baru maupun mengedit informasi lama jika masih keliru atau perlu ditambahkan.

Informasi dan pengeditan Anda tak serta-merta diterima oleh Maps. Layanan tersebut bakal memastikan akurasi informasi Anda melalui sebuah notifikasi ke pengguna lain.

Jika informasi Anda disetujui oleh banyak pengguna, Google baru akan memverifikasi informasi itu dan menyematkannya pada Maps.

Dengan ini, semua pengguna Maps bakal turut jadi editor bagi layanan peta digital itu. Google berharap ini dapat memperkaya informasi soal perkantoran, restoran, dan tempat-tempat lainnya.

Ke depan, Google menargetkan Maps dapat lebih banyak mempermudah pengguna untuk menjatuhkan pilihan restoran, berbelanja, atau mengunjungi tempat tertentu.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor : Deliusno
Sumber: TechCrunch