Ahok Putuskan Jalur Pilkada DKI 2017 Setelah Bertemu "Teman Ahok" dan Parpol - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ahok Putuskan Jalur Pilkada DKI 2017 Setelah Bertemu "Teman Ahok" dan Parpol

Senin, 18 Juli 2016 | 13:15 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berselfie dengan pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/7/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com
— Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah bertemu dengan kelompok relawan pendukungnya, "Teman Ahok", pada Minggu (17/7/2016) kemarin. Mereka berencana untuk bertemu kembali dalam waktu dekat, dan turut mengajak tiga partai politik pendukung Basuki atau Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Nanti dalam waktu dekat akan ada silaturahmi antara Teman Ahok, partai, dan Ahok. Mungkin menjelang akhir bulan," kata Juru Bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, saat dihubungi wartawan, Senin (18/7/2016).

Setelah pertemuan itu, lanjut dia, Ahok akan mengumumkan jalur yang akan digunakannya untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2017, apakah akan maju melalui jalur perseorangan atau partai politik.

"Nanti setelah (pertemuan) itu, Ahok akan umumkan pencalonan dirinya melalui jalur apa dan sama pasangannya sekaligus," kata Amalia.

Hingga kini, Ahok belum memutuskan apakah akan maju melalui jalur perseorangan atau partai politik. Selain didukung Teman Ahok, ia juga didukung oleh Partai Nasdem, Hanura, dan Golkar.

Dukungan ketiga partai politik tersebut telah mencukupi untuk mengusung Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Ketiga partai tersebut memiliki sebanyak 24 kursi di DPRD DKI Jakarta. Jumlah tersebut melewati syarat minimal parpol mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Kompas TV Jelang Pilkada DKI, Ahok Belum Tentukan Pilihan



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Indra Akuntono