"Penumpang Fanatik" Bikin Terminal Bus Sesak - Kompas.com
Rabu, 10 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

"Penumpang Fanatik" Bikin Terminal Bus Sesak

Sabtu, 2 Juli 2016 | 15:49 WIB
Kompas.com/Alsadad Rudi Suasana di pemberangkatan bus antar kota di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (5/5/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak penumpang yang hanya mau menggunakan satu perusahaan otobus dan enggan menaiki bus lain. Penumpang semacam itu disebut "penumpang fanatik".

Menjelang Lebaran, menurut Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral Agusty Dwinanto, jumlah penumpang fanatik relatif banyak. Ini berdampak pada penumpukan calon penumpang di terminal.

Untuk itu, jajarannya kini berupaya untuk menyosialisasikan alternatif bus keberangkatan. Penumpang diberi pengertian bahwa banyak bus lain yang bisa mengantar mereka pulang kampung.

"Terkait adanya penumpang fanatik, kami imbau jangan menunggu bis yang belum jelas kedatangannya," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August Dwinanto, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Emiral mencontohkan pada Sabtu pagi, para penumpang jurusan Karang Pucung dan Tasikmalaya "membeludak" karena menunggu bus Gapuraning Rahayu yang tidak kunjung datang.

"Mereka penumpang fanatik sehingga tidak mau kalau bukan bus Gapuraning Rahayu sehingga rela menunggu lama," ujarnya.

Mengantisipasi penumpukan penumpang, pihaknya berkoordinasi dengan pengurus Perusahaan Otobis (PO) tersebut agar menambah armada bus untuk mengangkut penumpang yang menunggu keberangkatan. Akhirnya, disediakan dua bus tambahan pada pukul 05.00 WIB dan 08.00 WIB.

Kompas TV Lebih 12.000 Pemudik Padati Kampung Rambutan



Editor : Krisiandi
Sumber: Antaranews.com