Taufik Mengaku Hanya Makan Pempek Saat Datang ke Rumah Aguan - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Taufik Mengaku Hanya Makan Pempek Saat Datang ke Rumah Aguan

Senin, 27 Juni 2016 | 16:49 WIB
TRIBUNNEWS / HERUDIN Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik, keluar dari gedung KPK, Jakarta, usai diperiksa penyidik, Senin (11/4/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com 
— Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik membantah kedatangannya ke rumah Chairman PT Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan bertujuan untuk membahas percepatan pengesahan Raperda Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Menurut Taufik, dia datang karena diminta oleh Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi yang ingin mengenalkannya kepada Aguan.

"Ketua kan (Prasetio) bekas karyawan Aguan, gitu doang. Enggak ada ngomong apa-apa. Gue makan empek-empek, abis itu pulang," kata Taufik kepada Kompas.com, Senin (27/6/2016).

Taufik mengaku tidak tahu alasan Prasetio mengenalkannya ke Aguan. Ia menyatakan bahwa sebelumnya tak mengenal Aguan, dan baru sekali itu bertemu dengannya.

"Semua sudah saya jelasin ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)," ujar Taufik.

Berdasarkan surat dakwaan terhadap Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja yang dibacakan saat sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor pada Kamis (24/6/2016), disebutkan bahwa pertemuan di rumah Aguan terjadi pada pertengahan Desember 2015, setelah tim dari Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan pembahasan mengenai Raperda Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Pada surat dakwaan Ariesman disebutkan bahwa pertemuan dilakukan untuk membahas percepatan pengesahan Raperda RTRKSP. Selain Prasetio dan Taufik, pertemuan itu juga turut dihadiri dua anggota Balegda, yakni Mohamad Sanusi dan Mohamad Sangaji alias Ongen, serta Ketua Panitia Pansus Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (ZWP3K) Selamat Nurdin.

Kompas TV Sanusi Akui Bertemu dengan Aguan



Penulis: Alsadad Rudi
Editor : Indra Akuntono