Mentan Bersyukur La Nina Datang - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Mentan Bersyukur La Nina Datang

Jumat, 24 Juni 2016 | 12:47 WIB
Pramdia Arhando Julianto Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat meninjau Toko Tani Indonesia Center di Pasar Minggu, Jakarta , Rabu (16/6/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersyukur terjadinya fenomena alam La Nina di Indonesia. Pasalnya, fenomena itu menjadi berkah bagi petani.

"Kami sampaikan bahwa kami bersyukur ada La Nina. Datangnya mulai terasa, Juli, Agustus, September yang aslinya bulan kering," kata Amran usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Pada umumnya, ia mengatakan, lahan pertanian yang dicocoki tanaman oleh petani antara bulan Juli-September relatif rendah. Hal itu karena lahan pertanian yang relatif kering.

Namun, dengan adanya intensitas hujan yang bertambah akibat La Nina, maka petani dapat memperluas area bercocok tanamnya. Sehingga, hal itu akan mempengaruhi pendapatan yang akan diperoleh petani nantinya.

"Kalau La Nina datangnya Oktober, itu jadi musibah," ujarnya.

Amran menambahkan, presentase tanaman yang ditanam petani diperkirakan akan naik tahun ini. Namun, ia belum dapat memprediksi berapa persen peningkatannya.

"Kami upayakan," ujarnya.

Kompas TV Berkah Ramadhan bagi Petani Timun Suri



Penulis: Dani Prabowo
Editor : Sandro Gatra