Sebelum Mendirikan Kafe Intan, Daeng Azis Mengaku Ingin Buka Tempat Perjudian - Kompas.com
Sabtu, 20 April 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Sebelum Mendirikan Kafe Intan, Daeng Azis Mengaku Ingin Buka Tempat Perjudian

Kamis, 9 Juni 2016 | 20:08 WIB
Kompas.com/David Oliver Purba Kamis (9/6/2016), Abdul Azis atau Daeng Azis menyangkal bahwa Kafe Intan dan Kingstar Miliknya Dijadikan Tempat Prostitusi


JAKARTA, KOMPAS.com
— Abdul Azis atau Daeng Azis menyebut gedung yang dijadikan Kafe Intan dan Kingstar di Kalijodo sebenarnya tidak diperuntukkan tempat hiburan. Azis mengatakan, sebelum mendirikan Kafe Intan dan Kingstar, dia berkeinginan untuk menjadikan tempat itu sebagai lapak perjudian.

Namun, Azis menyebut niat tersebut tidak kesampaian karena aturan yang ketat, khususnya saat pergantian Kapolri saat itu, yakni Da'i Bachtiar.

"Memang pada tahun 2001 dibangun, tapi peruntukannya pada saat itu bukan kafe, tapi untuk perjudian. Tapi karena pada saat itu pergantian Kapolri, jadinya judi dihapus," ujar Azis saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (9/6/2016).

Azis menjelaskan, Kafe Intan sudah beroperasi sejak tahun 2001 hingga 2007 awal. Namun, pada pertengahan tahun 2007, kafe tersebut terbakar dan sempat tidak beroperasi selama delapan bulan.

Kafe intan kembali dibuka pada tahun 2008. Saat merenovasi kembali gedung tersebut, Azis membangun lantai tambahan untuk Kafe Intan.

Pada pertengahan 2015, kerabat Azis yang bernama Raja menyewa lahan yang ada di samping Kafe Intan untuk dijadikan sebuah tempat hiburan bernama Kafe Kingstar.

Sebelum menjadi sebuah kafe, lahan Kingstar sebelumnya dijadikan untuk warung nasi. Di belakang warung itu juga dibangun kamar yang ditinggali keluarga Azis dan penyanyi kafe.

"Kalau Kafe Kingstar ini ada namanya Raja, karena tidak punya usaha, si Raja ini mengontrak Kafe Kingstar lima bulan (baru lima bulan berdiri sebelum digusur pada Februari 2016). Jadi Kafe Kingstar baru lima bulan jalan, sebelumnya untuk warung nasi. Setiap kamar dijaga oleh keluarga dan penyanyi," ujar Azis.

Kompas TV Daeng Azis Disidang Pencurian Listrik



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: David Oliver Purba
Editor : Indra Akuntono