8 Persiapan Wajib Saat Duduk di Balik Kemudi - Kompas.com
Sabtu, 11 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

8 Persiapan Wajib Saat Duduk di Balik Kemudi

Kamis, 2 Juni 2016 | 08:35 WIB
Aditya Maulana, KompasOtomotif Duduk di jok pengemudi Toyota Sienta

Jakarta, Otomania – Berkendara merupakan suatu pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi dan kesiapan dari pengemudi. Untuk itu sebelum mulai berkendara ada baiknya memperhatikan beberapa hal agar berkendara menjadi lebih nyaman dan pengemudi bisa lebih berkonsentrasi di jalan.

“Pengemudi sebenarnya memiliki kegiatan wajib setiap sebelum berkendara. Ia harus memperhatikan sekeliling ruang kabin tempatnya akan beraktifitas sebelum mulai menjalankan kendaraannya. Ini agar pengemudi memahami kondisi dan fungsi beragam peralatan yang ada di depannya,” ungkap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai berkendara antara lain

1. Pastikan pengendara sudah menggunakan sabuk pengaman. Pasang sabuk pengaman hingga terdengar bunyi klik dan posisi yang benar.

2. Atur posisi duduk yang nyaman. Posisikan pinggul sampai pundak menempel di tempat duduk. Hindari mengubah posisi duduk selama kendaraan berjalan dan berkendara.

3. Pastikan fungsi lampu-lampu, seperti lampu besar, lampu rem, lampu belok, foglamp dan lampu hazard bekerja dengan baik. Pastikan pula wiper dan semprotan air berfungsi.

4. Periksa fungsi rem tangan, pedal kopling, gas, dan rem sebelum berkendara. Pastikan semua berfungsi dengan baik saat menginjak pedal.

5. Periksa posisi spion kendaraan, apakah sudah dalam posisi yang benar sesuai dengan jarak pandang. Posisikan tangan di lingkar kemudi di arah jam 3 dan 9 untuk memudahkan tangan mengoperasikan tuas sekitar kemudi.

6. Saat mesin kendaraan sudah dihidupkan, cek panel-panel instrument kendaraan. Pastikan tidak ada masalah pada kendaraan dengan melihat indikator malfungsi yang ada di meter cluster. Cek apakah ada yang menyala dan pastikan tahu arti indikator tersebut dari buku pedoman pemilik.

7. Simpan barang di laci atau bagasi agar tidak jatuh dari dashboard dan mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Jangan meletakkan aksesori diatas lokasi penempatan airbag untuk menghindari kemungkinan mengenai wajah saat airbag mengembang.

8. Ikuti dan pelajari prosedur pengendaraan kendaraan melalui buku panduan pemilik.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian