"Ritual" yang Wajib Dilakukan Pengguna iPhone Saban 6 Hari - Kompas.com
Senin, 1 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

"Ritual" yang Wajib Dilakukan Pengguna iPhone Saban 6 Hari

Jumat, 20 Mei 2016 | 12:34 WIB
Apple Pemindai sidik jari pada iPhone 5S

KOMPAS.com - Fitur pemindai sidik jari Touch ID pada iPhone mempermudah proses mengunci dan membuka perangkat. Cukup sentuhkan ujung jari, perangkat pun akan langsung terbuka.

Namun Apple tetap mengharuskan pengguna memasukkan passcode dalam kondisi tertentu, misalnya usai melakukan restart iPhone.

Dalam update keamanan iOS yang terbaru, ketentuan itu diperketat lagi. iPhone kini akan rutin meminta pengguna memasukkan passcode setiap 6 hari sekali, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (20/5/2016).

Perubahan itu diketahui dari dokumen iOS Security Guide untuk iOS 9.3 ke atas yang diterbitkan pada bulan ini.

Di dalamnya, Apple menjelaskan bahwa passcode akan diminta apabila pengguna belum memakai kode tersebut untuk membuka kunci iPhone dalam enam hari terakhir dan Touch ID belum dipakai selama delapan jam terakhir.

Dengan kata lain, pengguna iPhone bakal lebih sering memasukkan kode passcode, meskipun perangkatnya sudah dibekali pemindai sidik jari.

Dokumen Apple menyebutkan ketentuan tersebut baru berlaku pada 12 Mei. Namun, Apple diduga sudah menerapkannya jauh sebelum itu, mulai pada tahun lalu.

Penulis: Oik Yusuf
Editor : Reza Wahyudi
Sumber: SlashGear