Makanan Tinggi Lemak Sebabkan Pria Mudah Mengantuk - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Makanan Tinggi Lemak Sebabkan Pria Mudah Mengantuk

Jumat, 29 April 2016 | 07:35 WIB
Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Setelah melakukan pemantauan kepada 1.800 peserta pria antara usia 35 hingga 80, terkait pola makan serta aktivitas tidur, peneliti dari University of Adelaide menemukan bahwa asupan lemak saat makan siang, 78% lebih mungkin untuk mendatangkan kantuk di siang hari dan hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengganggu kualitas tidur di malam hari pada pria.

Bahkan setelah peneliti menyesuaikannya dengan beberapa kondisi yang memengaruhi tidur, termasuk depresi, obat-obatan, alkohol, merokok, serta aktivitas fisik.

“Mengantuk di siang hari pertanda Anda memiliki sedikit energi, sehingga meningkatkan keinginan dan selera untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging berlemak, khususnya pada pria, yang kemudian justru berkaitan dengan mengantuk," kata penulis studi Yingting Cao.

"Pada akhirnya, pilihan makanan dan kurang tidur dapat menjadi lingkaran setan."

Para peneliti melaporkan, semakin besar indeks massa tubuh pria, maka efek dari makanan berlemak terhadap rasa ngantuk di siang hari akan lebih besar.

Namun, para peneliti tidak membedakan efek antara berbagai jenis lemak, misalnya, saat seseorang makan burger daging apakah akan lebih mengantuk, ketimbang saat seseorang makan salmon atau alpukat yang juga kaya lemak.

Yang pasti, makanan tinggi lemak dikaitkan oleh peneliti sebagai penyebab mengantuk di siang hari pada pria. Sedang pada wanita, peneliti perlu melakukan studi lebih lanjut untuk mempelajari efeknya.

Penulis: Ayunda Pininta
Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: Newser