Perdalam Data 'E-Commerce' di Indonesia, idEA Gelar Riset - Kompas.com
Minggu, 19 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Perdalam Data 'E-Commerce' di Indonesia, idEA Gelar Riset

Kamis, 28 April 2016 | 15:30 WIB
Shutterstock Selamat datang di bisnis e-commerce!

Serpong, KOMPAS.com - Asiosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menggelar riset tentang persepsi konsumen terhadap e-commerce di Indonesia. Hal ini lantaran perusahaan e-commerce sangat pelit untuk memberikan data perkembangannya.

Ketua Asiosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Daniel Tumiwa menuturkan, dengan riset ini akan diketahui bagaimana konsumen menganggap e-commerce.

"Seperti yang kita tahu, selama ini perusahaan (e-commerce) belum berani kasih data, selama ini kalau kita tanya perkembangannya mereka bilang cuma baik-baik aja," ujar Daniel dalam acara Indonesia E-commerce Summit & Expo (IESE), Kamis (28/4/2016).

Dalam riset ini, Daniel bekerja sama dengan perusahaan riset Mars dan majalah Swa. Riset ini melibatkan konsumer-konsumer di kota besar seperti, Jadetabek, Bandung dan Denpasar.

Riset ini menggunakan metode kusioner yang intinya menanyakan pendapat konsumen tentang e-commerce di Indonesia.

Daniel mengatakan saat ini riset dalam tahap perhitungan dan dirinya juga sesegera mungkin mengumumkan hasil dari riset tersebut.

"Ini kan riset e-commerce pertama, jadi kita tunggu saja, secepatnya akan kita umumkan agar investor segera masuk," ucapnya.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor : Bambang Priyo Jatmiko