Di Depan Petugas Keamanan, Nelayan Teluk Jakarta Nyatakan Pulau G Disegel - Kompas.com
Rabu, 3 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Di Depan Petugas Keamanan, Nelayan Teluk Jakarta Nyatakan Pulau G Disegel

Minggu, 17 April 2016 | 11:14 WIB
KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Nelayan segel Pulau G, Teluk Jakarta, Jakarta Utara, Minggu (17/4/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Nelayan dari Teluk Jakarta menyegel Pulau G, Jakarta, Minggu (17/4/2016). Penyegelan ditandai dengan pendudukan Pulau G oleh ratusan nelayan.

"Hari ini tanggal 17 April 2016 tepat di Teluk Jakarta, tepat di hadapan perkampungan Muara Angke, tepat di atas pulau palsu, Pulau G, kami nelayan Indonesia, nelayan Teluk Jakarta, tokoh masyarakat Muara Angke, menyatakan Pulau G disegel," kata Ketua KNTI Riza Damanik di Pulau G, Teluk Jakarta, Minggu (17/4/2016).

Penyegelan mulai dilakukan setelah pernyataan dari nelayan di Pulau G. Pernyataan penyegelan dilakukan di hadapan para petugas keamanan Pulau G. (Baca: Penyegelan Pulau G Dijaga Ketat Pasukan Pengamanan Perusahaan)

Riza mengungkapkan, nelayan tidak akan diam melihat Ibu Pertiwi disakiti dengan reklamasi. Penyegelan ini merupakan bukti untuk membela rakyat kecil.

"Hari ini kita ingin jadi saksi bahwa rakyat Indonesia tak akan membiarkan laut dikotori oleh reklamasi," kata Riza. (Baca: Pengembang Reklamasi Wajib Dahulukan Kepentingan Publik)

Aktivitas unjuk rasa di Pulau G oleh ratusan nelayan masih berlangsung hingga pukul 10.40 WIB. Penjagaan ketat pun masih dilakukan oleh petugas keamanan dari perusahaan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kahfi Dirga Cahya
Editor : Fidel Ali