Reklamasi Pulau G Dijaga Ketat - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Reklamasi Pulau G Dijaga Ketat

Rabu, 6 April 2016 | 17:30 WIB
KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta, Jakarta Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari kejauhan sebuah kapal cepat terlihat menyusuri Pulau G di Teluk Jakarta, Rabu (6/4/2016). Kapal itu berada di dekat aktivitas kapal yang menyemburkan pasir ke Pulau G, pulau itu dibangun oleh PT Muara Wisesa, anak usaha PT Agung Podomoro Land (APL).

Kapal bercat putih itu merupakan kendaraan operasional keamanan Pulau G.

"Kalau yang cepat itu dari petugas keamanan pulau," kata Abdul Hadi, nelayan Muara Angke yang mengantar Kompas.com ke dekat pulau di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu siang.

Sebenarnya ada dua kapal keamanan. Kapal pertama sudah lebih dulu bergegas pergi dengan menyusuri pulau.

Kapal berikutnya berada di belakang dan berpapasan dengan perahu nelayan yang ditumpangi Kompas.com. Dalam kapal tersebut berisi dua orang. Mereka kemudian menoleh sesaat dan mengawasi pergerakan perahu nelayan.

Abdul Hadi bercerita, nelayan kerap mendapat perlakuan tak menyenangkan dari petugas keamanan pulau. Salah satunya adalah dengan tidak memperbolehkan nelayan untuk menjaring ikan di dekat pulau reklamasi.

"Padahal di situ tempatnya naut (jaring) dari dulu itu," sambung Abdul Hadi.

Perlakuan tak menyenangkan yang didapat Abdul berupa larangan dengan ucapan keras. Tak jarang ia diusir dan terpaksa mengalah.

"Jadi perahu saya dipegangi gitu. Dua kapal penjaga langsung pegangin perahu. Saya gak bisa gerak dan akhirnya milih mundur saja," kata Abdul.

Pada hari ini, Kompas.com juga tak berhasil menginjakkan kaki ke Pulau G. Para penjaga tampak berpatroli dengan kapal berkecepatan tinggi.

Kompas TV Raperda Reklamasi Dinilai Janggal? SK Izin Ilegal?



Penulis: Kahfi Dirga Cahya
Editor : Indra Akuntono