Facebook Nyaris Bikin Ponsel Pesaing iPhone - Kompas.com
Jumat, 5 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Facebook Nyaris Bikin Ponsel Pesaing iPhone

Jumat, 25 Maret 2016 | 10:14 WIB
The Next Web Logo baru Facebook

KOMPAS.com - Facebook pernah nyaris membuat ponsel dengan desain dan spesifikasi memukau pada 2010 lalu. Sayangnya, perangkat tersebut urung terwujud lantaran kekurangan dana.

Setidaknya hal tersebut yang dikatakan mantan pemimpin bisnis Facebook Chamath Palihapitiya. Saat ini ia menjadi investor di perusahaan modal ventura Social Capital.

Menurut Palihapitiya, ponsel buatan Facebook dirancang selama kurang lebih setahun. Tim kala itu berisi orang-orang terbaik Facebook dengan kreativitas yang terus mengucur.

"Saya meyakinkan mereka bahwa selain mengembangkan software, hardware juga perlu diperkuat," kata dia, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Jumat (25/3/2016).

Hanya saja, Palihapitiya gagal meyakinkan sang pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Padahal, kata dia, Intel dan AT&T sudah bersedia bermitra untuk mewujudkan rencana tersebut.

"Saya membuat Zuckerberg susah untuk setuju," kata dia. "Facebook harus mengeluarkan duit 1 miliar dollar AS (Rp 13,3 triliun) untuk merealisasikan ide itu," ia menambahkan.

Palihapitiya yakin, jika ponsel Facebook meluncur kala itu, popularitas dan kinerjanya akan serupa dengan iPhone buatan Apple. Namun, saat ini tentu sulit membuktikan keyakinan Palihapitiya.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor : Reska K. Nistanto
Sumber: Recode