Tak Ada Eks PSK Kalijodo yang Daftar untuk Ikut Binaan - Kompas.com
Jumat, 3 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Tak Ada Eks PSK Kalijodo yang Daftar untuk Ikut Binaan

Rabu, 2 Maret 2016 | 21:20 WIB
KOMPAS / RADITYA HELABUMI Suasana eksekusi pembongkaran bangunan di Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2/2016). Kawasan yang kerap dikenal sebagai tempat hiburan malam itu akan menjadi ruang terbuka hijau.
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut tidak ada eks pekerja seks komersial (PSK) Kalijodo yang mendaftar untuk mendapat pembinaan.

Panti sosial yang siap menampung para mantan PSK Kalijodo adalah Panti Sosial Bina Karya Wanita milik Dinas Sosial dan Panti Sosial Binakarya milik Kementerian Sosial di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Mereka enggak ada yang mau daftar. Dia juga mungkin malu kali ya, siapa sih yang mau ngaku PSK," kata Basuki atau Ahok di Balai Kota, Rabu (2/3/2016).

Namun Ahok mengaku senang karena warga sudah bersedia pindah ke rumah susun. Ia menjanjikan pemberian jaminan pendidikan bagi anak-anak korban terdampak penertiban.

Tak hanya itu, Ahok juga menjanjikan pemberian gerobak untuk berusaha.

"Nanti Kalijodo akan jadi taman luas dan orang-orang butuh makan. Jadi orang di sana bisa jualan lagi," kata Ahok.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan, mengatakan, belum ada PSK yang mendaftar untuk dibina. Padahal, instansinya telah membuka posko pembinaan di Kalijodo.

"Belum ada PSK yang mendaftar pada petugas di posko Kalijodo. Belum dapat diinformasikan PSK yang akan direhabilitasi dan dibina lebih lanjut," kata Masrokhan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah bekerjasama dengan Kementerian Sosial dalam rangka memberi bantuan modal usaha bagi para mantan PSK. Modal usaha yang akan diberikan sebesar Rp 5 juta.
Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Egidius Patnistik