Modifikasi Cuaca, Strategi Bakal Cagub DKI Atasi Banjir di Jakarta - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Modifikasi Cuaca, Strategi Bakal Cagub DKI Atasi Banjir di Jakarta

Minggu, 28 Februari 2016 | 20:01 WIB
KOMPAS.com/Kurnia Sari Aziza Kader Partai Demokrat, Hasnaeni Moein (berkerudung biru) saat berada di kolong tol Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (23/1/2016).
JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Hasnaeni Moein mengaku  memiliki strategi untuk mengatasi banjir di DKI Jakarta, yaitu dengan melakukan modifikasi cuaca setiap kali musim hujan datang.

"Di DKI akan kita buat modifikasi cuaca, butuh dana 200 miliar," kata Hasnaeni usai menghadiri pelantikan pengurus Hanura DKI Jakarta di Tennis Indoor Senayan, Minggu (28/2/2016).

Menurut Hasnaeni, cara itu akan sangat efektif dan efisien dalam mengatasi banjir. Dia pun membandingkan strategi itu dengan pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT) yang menurut dia tidak terlalu efektif.

"Gorong-gorong DKI tidak connecting di BKT. Jadi percuma padahal dana pembangunannya Rp 6 triliun," ucap dia.

Selain program untuk mengatasi banjir, Hasnaeni juga menawarkan program kesehatan bagi masyarakat DKI Jakarta. Nantinya, masyarakat Jakarta akan memiliki kartu tanda penduduk yang disebutnya KTP Jitu, untuk menggantikan KTP yang ada saat ini.

KTP Jitu itu akan bekerja multifungsi, termasuk untuk menggantikan program BPJS Kesehatan yang dia nilai tak maksimal.

"Jadi orang berobat cukup pakai KTP DKI," ucapnya.

Hasnaeni pun mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari sejumlah parpol untuk maju sebagai cagub DKI. Kunjungannya ke Hanura hari ini, termasuk untuk mencari dukungan politik.
Penulis: Ihsanuddin
Editor : Egidius Patnistik