Ahok: Kasus Fortuner Hanya Buat Aku Ingat Harus Tertibkan Kalijodo - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ahok: Kasus Fortuner Hanya Buat Aku Ingat Harus Tertibkan Kalijodo

Kamis, 18 Februari 2016 | 20:30 WIB
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menyampaikan sambutan dalam Peringatan Hari Kanker Anak Internasional, di Balai Kota, Senin (15/2/2016) malam.
JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membantah penertiban Kalijodo dilatarbelakangi kasus kecelakaan mobil Toyota Fortuner yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pengemudi Fortuner yang menewaskan empat orang tersebut mengaku mabuk setelah pulang dari tempat hiburan malam di Kalijodo. (Baca: Alasan Ahok Tak Tiru Langkah Jokowi)

"(Kasus) Fortuner hanya buat aku ingat saja (untuk menertibkan Kalijodo), lho," kata Basuki di Balai Kota, Kamis (18/2/2016).

Basuki mengaku sudah ingin menertibkan kawasan Kalijodo pada tahun 2014 lalu. Hanya, menurut dia, rencana penertiban itu berdekatan dengan penertiban Waduk Pluit yang dilaksanakan pada akhir 2013.

"Tim intel bilang, kalau Bapak mau tertibkan Waduk Pluit, Kalijodo jangan dirobohin dulu, takutnya mereka gabung (melawan pemerintah)," kata Basuki.

Kini, sebagian kawasan Waduk Pluit sudah ditertibkan. Mulai dari sisi Utara, Selatan, Barat, dan Timur hingga Kali Gendong, kata Basuki, semua sudah bersih dari bangunan liar. (Baca: Taufik: Penertiban Kalijodo Kan Program "Bangun Tidur")

"Tinggal (Waduk Pluit) yang ke arah Muara Baru Raya yang belum (ditertibkan)," ujar dia.

Kompas TV Ahok Pantang Mundur Untuk Rencana Kalijodo

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Icha Rastika