Hongaria Nilai Indonesia Miliki Peran Strategis dalam Percaturan Ekonomi Global - Kompas.com
Senin, 6 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Hongaria Nilai Indonesia Miliki Peran Strategis dalam Percaturan Ekonomi Global

Selasa, 2 Februari 2016 | 20:31 WIB
SHUTTERSTOCK Kota Budapest, Hongaria.

Yogyakarta,KOMPAS.com - Pemerintah Hongaria akan terus memperkuat hubungan dagang dengan Indonesia. Sebab, Pemerintah Hongaria menilai di masa mendatang Indonesia memiliki peran dan posisi strategis dalam percaturan politik dan ekonomi global.

“Pemerintah Hongaria memberi perhatian khusus pada Indonesia," ujar Menteri Ekonomi Hongaria, Mihaly Varga saat memberikan kuliah Umum di Balai Senat Universitas Gajah Mada (UGM), Selasa (02/02/2016).

Mihaly Varga menyampaikan di masa mendatang Indonesia memiliki peran strategis dalam percaturan Politik dan ekonomi global. Terlebih, Indonesia saat ini masuk dalam negara anggota G-20. Sehingga, hubungan diplomatik antara Hongaria dan Indonesia yang telah terjalin selama 60 tahun perlu ditingkatkan. Bentuknya dengan memperkuat hubungan dagang dengan melibatkan banyak pelaku usaha.

"Hubungan diplomatik akan memberikan manfaat bagi pembangunan ekonomi kedua negara," tegasnya. Menurutnya, dari tahun ke tahun perdagangan antara dua negara terus mengalami peningkatan. Bahkan pada tahun 2015 lalu total volume perdagangan kedua negara mencapai 139 Juta dollar AS.

Harapannya, kerja sama dengan Indonesia bisa meliputi berbagai bidang, seperti bidang inovasi teknologi, bidang industri kreatif, teknologi informasi dan komunikasi, farmasi, teknologi pangan, serta pendidikan dan pelatihan. "Pada intinya, bagaimana bersama-sama membangun industri yang kuat dan kompetitif di dalam era global saat ini," ungkapnya. 

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : M Fajar Marta