Ini Pemenang Tender Palapa Ring Terbaru - Kompas.com
Kamis, 4 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Ini Pemenang Tender Palapa Ring Terbaru

Jumat, 22 Januari 2016 | 17:05 WIB
Slideshare Peta jangkauan proyek kabel optik bawah laut, Palapa Ring II.
KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akhirnya mengumumkan pemenang tender proyek Palapa Ring II hari ini, Jumat (22/1/2016).

Untuk Paket Barat, proyek akan dijalankan Konsorsium Moratel - Triasmitra. Dua perusahaan yang bergabung adalah PT. Moratelematika Indonesia (90 persen) dan PT. Ketrosden Triasmita (10 persen).

Paket Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

Sementara itu, proyek Paket Tengah dimenangkan Konsorsium Pandawa Lima. Anggotanya adalah PT LEN (51 persen), PT Teknologi Riset Global Investama (34 persen), PT Sufia Technologies (5 persen), PT Bina Nusantara Perkasa (5 persen), dan PT Multi Kontrol Nusantara (5 persen).

Paket Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Terakhir, untuk Paket Timur, pemenang tender belum diumumkan. Sebab, wilayah timur memiliki kompleksitas medan yang lebih menantang dan perlu disiapkan lebih lanjut, sebagaimana tertera pada situs resmi Kemenkominfo.

Target penyelesaian Proyek Palapa Ring pada akhir tahun 2018. Pada 1 Januari 2019 mulai beroperasi sepenuhnya.

Begitu selesai, Palapa Ring II akan menjadi tulang punggung internet pita lebar bagi 33 propinsi di Indonesia.
Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor : Wicak Hidayat