Google Doodle Hari Ini Tampilkan Cabai, Ada Apa? - Kompas.com
Jumat, 5 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Cabai, Ada Apa?

Jumat, 22 Januari 2016 | 09:18 WIB
screenshot Google Doodle menampilkan cabai dan Wilbur Scoville
JAKARTA, KOMPAS.com - Google Doodle hari ini menampilan ilustrasi berbagai jenis cabai dan seorang pria bernama Wilbur Scoville. Kenapa cabai?

Ternyata hal ini terkait dengan Scoville, pria yang diilustrasikan sedang berada di antara cabai-cabai tersebut. Hari ini, Jumat (22/1/2016) adalah ulang tahunnya yang ke 151.

Pantauan KompasTekno, Scoville bukan pria biasa dan ilustrasi cabai tersebut memang sangat lekat menggambarkan capaiannya semasa hidup.

Pria kelahiran 22 Januari 1865 itu adalah ahli farmasi yang menciptakan uji organoleptik Scoville, saat ini disebut sebagai skala Scoville, untuk mengukur tingkat kepedasan cabai. Ukuran tersebut distandarkan dalam satuan Scoville Heat Units (SHU).

Coba klik Google Doodle tersebut, Anda akan dibawa ke sebuah permainan yang mengilustrasikan tingkat kepedasan berbagai cabai di seluruh dunia.

screenshot Google Doodle Wilbus Scoville menampilkan permainan es krim versus cabai


Cabai dihadapkan dengan es krim manis, mirip seperti tes aslinya yang membutuhkan larutan gula untuk mengukur seberapa banyak kandungan capsinoid atau pemicu rasa pedas pada cabai.

Lalu dalam permainan Google Doodle tersebut, Anda akan berperan sebagai es krim yang mesti membekukan rasa pedas pada cabai. Mulai dari paprika yang tak pedas sama sekali atau 0 SHU, hingga Trinidad moruga scorpion yang pedasnya bisa mencapai 2.000.000 SHU.
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor : Reza Wahyudi