Honda Mulai Ekspor Sonic ke Filipina - Kompas.com
Selasa, 9 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Honda Mulai Ekspor Sonic ke Filipina

Selasa, 15 Desember 2015 | 14:38 WIB
Donny Apriliananda/KompasOtomotif Ekspor Honda BeAT ke Filipina

Jakarta, KompasOtomotif – Pelan tapi pasti, PT Astra Honda Motor (AHM) beranjak tak hanya menjadi produsen untuk memenuhi pasar domestik, tetapi juga memasok sepeda motor ke negara lain. Target ekspor setah 25.000 unit agaknya bakal terpenuhi atau bahkan lebih.

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM, (11/12/2015), mengatakan bahwa pertumbuhan ekspor AHM memang cukup tinggi. Hal tersebut tak hanya baik untuk internal perusahaan, tetapi juga menjadi salah satu langkah untuk mendukung upaya pemerintah memperbanyak ekspor.

”Kami rasa tahun depan AHM bisa mempertahankan pasar ekspor. Kami terus melakukan studi untuk menjajaki pasar (negara) baru. Soal unit yang diekspor, itu bergantung permintaan dari negara yang memesan,” ucap Margono.

Negara pengimpor sepeda motor terbanyak dari AHM untuk saat ini adalah Filipina. Sejak Juni 20-15 lalu, AHM memperkuat pengiriman BeAT di negara kepulauan itu, total sampai November 2015 sudah melebihi 15.000-an unit.

Menariknya, sejak Oktober, AHM juga mulai mengirim New Sonic, juga ke Filipina. Tahap awal 384 unit, dan November 2015 lalu melonjak jadi 1.600-an unit. Tak hanya Filipina, beberapa negara juag sudah dipasok seperti Malaysia dan Thailand.

Total ekspor sepeda motor CBU AHM pada 11 bulan pertama 2015 mencapai 22.000-an unit, atau sedikit lagi sudah memenuhi target.

”Tahun depan kami masih menganalisa kembali. Kemungkinan ada negara baru, tetapi tetap kami perlu melakukan studi. Kalau ada kemungkinan, kenapa nggak?” ucap Margono.

Penulis: Donny Apriliananda
Editor : Agung Kurniawan