Muncul Demo Tandingan di Tengah Aksi Penolakan Reklamasi Pulau G - Kompas.com
Sabtu, 6 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Muncul Demo Tandingan di Tengah Aksi Penolakan Reklamasi Pulau G

Rabu, 2 Desember 2015 | 16:27 WIB
Dian Ardiahanni/Kompas.com Sejumlah warga membentangkan spanduk yang berisi dukungan dilakukannya reklamasi Teluk Jakarta pada Rabu (2/12/2015)
JAKARTA, KOMPAS.com — Demo tandingan muncul di tengah aksi long march warga Muara Angke yang menolak reklamasi Pulau G, Rabu (2/12/2015).

Puluhan orang yang mengaku sebagai warga Muara Angke dan nelayan itu menggelar aksi tandingan dengan menyatakan dukungannya terhadap reklamasi Pulau G. (Baca juga: Nelayan Minta Pengerjaan Proyek Reklamasi Pulau G Ditangguhkan)

Mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan "Kami Warga dan Nelayan serta Tokoh Muara Angke Mendukung Reklamasi Teluk Jakarta" dan berkumpul pada sisi yang berseberangan dengan massa penolak reklamasi Pulau G di sekitar Mal Green Bay, Jakarta.

Salah satu pengunjuk rasa yang mendukung reklamasi Pulau G ini mengaku hanya disuruh.

"Jangan saya Mbak, tanya yang lain saja. Saya enggak ngerti, saya cuma disuruh," ujar dia.

Ketika Kompas.com meminta keterangan dari pendemo lain, respons yang didapat sama saja. Mayoritas pendemo yang mendukung reklamasi itu menggunakan seragam sekuriti.

Sebelumnya, sejumlah warga yang menolak reklamasi Pulau G melakukan aksi long march dari Lapangan Sepak Bola Muara Angke menuju sekitar Mal Green Bay. (Baca: Tolak Reklamasi, Warga Muara Angke Gelar "Long March")

Pada aksi itu, ratusan warga yang mengaku sebagai nelayan melakukan aksi penolakan reklamasi itu karena dianggap mengurangi populasi ikan.

Aksi penolakan ini didukung sejumlah lembaga swadaya masyarakat, yakni KNTI, Kiara, LBH Jakarta, Walhi Jakarta, PBHI Jakarta, dan Solidaritas Perempuan.
Penulis: Dian Ardiahanni
Editor : Icha Rastika