Profil dan Postingan di Facebook Bisa Di-googling - Kompas.com
Kamis, 28 Maret 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Profil dan Postingan di Facebook Bisa Di-googling

Selasa, 17 November 2015 | 18:34 WIB
Digital Trends Ilustrasi Facebook
KOMPAS.com - Google baru saja mendapatkan dukungan dari rival terbesarnya, yaitu Facebook. Pasalnya media sosial buatan Mark Zuckerberg itu kini mengizinkan mesin pencari Google untuk menjamah seluruh "jeroan" Facebook.

Kesepahaman antar-dua rival itu berarti bahwa mesin pencari Google akan bisa menampilkan di smartphone, konten yang diunggah ke Facebook. Konten tersebut termasuk postingan dan profil pengguna.

Segala daftar hasil pencarian terkait aplikasi Facebook muncul sebagai tautan yang ketika diklik akan membawa pengguna ke halaman Facebook yang relevan.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Wall Street Journal, Selasa (17/11/2015), dari mekanisme itu juga dapat disimpulkan cara raksasa mesin pencari itu mendapatkan informasi sesuai query yang dimasukkan pengguna.

Google tidak akan bisa membaca konten Facebook milik akun yang memasang setting privasi. Agar bisa menemukan indeks informasi dari akun sejenis ini, pengguna mesti memakai fitur pencarian internal Facebook.

Walau bagaimanapun, kerja sama kedua raksasa itu merupakan tanda bahwa Google sedang mencari solusi untuk tantangan terbesarnya, yaitu mencari konten dalam sebuah aplikasi.

Mesin pencari Google memang tangguh dan mendominasi dunia web, tetapi di sisi lain tidak bisa otomatis menjamah serta membuat klasifikasi atas informasi yang dibagikan dalam aplikasi smartphone.

Kesediaan Facebook untuk dijamah mesin pencari Google juga mengindikasikan keuntungan bagi raksasa media sosial itu. Setidaknya efek kerja sama tersebut membuat pengguna mesin pencari Google bisa dengan mudah masuk ke dalam aplikasi Facebook.
Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor : Reza Wahyudi
Sumber: The Wall Street Journal