CEO Apple Cibir Laptop Perdana Microsoft - Kompas.com
Senin, 8 Juli 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

CEO Apple Cibir Laptop Perdana Microsoft

Jumat, 13 November 2015 | 17:02 WIB
GETTY IMAGES / AFP PHOTO / JUSTIN SULLIVAN CEO Apple Tim Cook berbicara dalam acara yang diselenggarakan Apple di Flint Center for the Performing Arts, di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (9/9/2014). Pada acara itu Apple meluncurkan Apple Watch dan dua iPhone terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 plus.

KOMPAS.com - Baru diluncurkan Oktober 2015 lalu, laptop perdana buatan Microsoft, Surface Book mendapat banyak sorotan dari berbagai kalangan. Umumnya bernada positif.

Tak ketinggalan, CEO Apple Tim Cook pun turut mengomentari perangkat 2-in-1 (laptop sekaligus tablet) tersebut. Namun, komentar Cook terkesan negatif.

"Itu (Surface Book) adalah produk yang berupaya keras untuk melakukan terlalu banyak fungsi," kata dia sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Kamis (12/11/2015).

Menurut Cook, Surface Book ingin dipandang sebagai tablet dan laptop, tapi tak sukses berperan sebagai keduanya. "Hanya delusi," ujarnya.

Kenyinyiran tersebut terdengar ironis. Pasalnya, Apple juga baru merilis iPad Pro yang identitasnya tak tentu.

Para pengamat awalnya bingung harus mengkategorikan iPad Pro sebagai tablet atau laptop. Sebab perangkat tersebut pun seperti ingin jadi tablet tapi juga berperan sebagai laptop.

Pernyataan gamblang Cook seakan-akan mendefinisikan ketidaksukaannya terhadap perangkat yang digadang-gadang lebih "gahar" daripada Macbook Pro.

Bisa jadi karena Cook merasa ada yang salah dengan Surface Book. Atau justru karena Cook merasa Microsoft melakukan hal yang benar dengan meluncurkan Surface Book.

Bagaimanapun, kenyinyiran Apple juga bisa dipandang sebagai koin dua sisi oleh Microsoft. Salah satunya sebagai kritik dan sisi lainnya justru sebagai pujian.

Penulis: Fatimah Kartini Bohang
Editor : Reza Wahyudi
Sumber: BGR