Pembunuh Jopi Diperiksa Pom AL - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Pembunuh Jopi Diperiksa Pom AL

Rabu, 27 Mei 2015 | 12:26 WIB
Kompas.com/Robertus Belarminus Bar Venue di Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan, tempat kejadian penusukan terhadap Jopi Parainginangin. Sabtu (23/5/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi Militer Angkatan Laut (Pom AL) Lantamal III memeriksa seorang anggota TNI AL yang diduga menusuk aktivis Jopi Peranginangin. Ia diperiksa soal keterlibatannya dalam kasus pembunuhan tersebut.

Komandan POM AL Lantamal III, Kolonel Ade Permana mengatakan, kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Pom AL. "Iya, sudah dilimpahkan oleh Polres Jakarta Selatan ke kami. Dan kini (pelakunya) sedang dalam pemeriksaan kami," kata Ade seusai apel Operasi Patuh Jaya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (27/5/2015).

Ade menjelaskan, penusukan itu diduga dilakukan oleh satu orang. Namun, ia enggan menyebutkan inisial orang yang diduga pelaku itu. Ia pun enggan menjelaskan lebih jauh kasus tersebut. Ia menyarankan untuk menanyakan kepada Kepala Dinas Penerangan AL untuk kelanjutan kasus tersebut. 

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti mengatakan, awalnya kasus tersebut ditangani oleh penyidik dari Polres Metro Jakarta Selatan, tetapi sejak pelaku diduga berasal dari anggota TNI AL, maka kasus tersebut segera dilimpahkan.

"Semua informasi terkait kasus dan pengungkapan sementara sudah dilimpahkan," ujar dia.

Seperti diketahui, mantan aktivis Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) itu ditusuk orang tidak di kenal di depan Venue Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (23/5/2015) dini hari. Jopi menderita luka tusuk cukup parah dan kehilangan banyak darah.

Nyawa Jopi tidak bisa terselamatkan setelah dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Unoviana Kartika
Editor : Kistyarini