Sultan Sudah Dua Kali Nonton Laskar Pelangi - Kompas.com
Jumat, 17 Mei 2024

Kaleidoskop 2016

Kaleidoskop 2016

Simak rangkuman peristiwa, informasi, dan ulasan topik hangat yang terjadi selama tahun 2016..

Sultan Sudah Dua Kali Nonton Laskar Pelangi

Kamis, 25 September 2008 | 20:38 WIB

Yogyakarta, KAMIS--Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X sudah dua kali menonton film Laskar Pelangi yang disutradarai Riri Riza.

"Saya sangat senang karena tokoh sekelas Sri Sultan ternyata menaruh minat besar terhadap film Indonesia termasuk film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel saya dengan judul yang sama," kata penulis skenario film ini, Andrea Hirata usai bertemu Sultan di Kepatihan Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan setelah pertemuan dirinya dengan Sultan hari itu (Kamis, 25/9), rencana Mira Lesmana produser film ini dan Riri Riza akan mengajak Sultan menonton lagi gala premiere film Laskar Pelangi di Ambarrukmo Plaza Yogyakarta. "Kami juga akan mengajak puluhan guru-guru di Yogyakarta untuk menonton film ini," katanya.

Jika semua rencana tersebut terlaksana, berarti Sultan HB X sudah menonton tiga kali film Laskar Pelangi. Andrea mengatakan film tersebut cukup membanggakan. Film ini gabungan dari akting serta sinematografi yang sangat memukau, dan kemasan cerita yang menarik. "Anak kecil pun pasti suka, karena pemandangan yang indah akan memanjakan siapapun yang menontonnya," katanya.

Ia mengatakan awalnya dirinya tidak yakin film yang diangkat dari novelnya itu akan memperoleh sambutan positif dari penonton di Indonesia. Bahkan dirinya sempat tidak percaya diri untuk menonton film tersebut.

Akhirnya, dengan mengundang wartawan di Jakarta, ia ikut menonton film tersebut. "Saat menonton, saya tidak mau bangku sebelah kanan dan kiri saya terisi oleh penonton," katanya.

Ia mengatakan dirinya sangat terkesan dengan karya Riri Riza dan Mira Lesmana serta kawan-kawannya itu. Dirinya sempat tidak percaya bahwa semua yang ingin ia sampaikan akhirnya tersaji dan terwakilkan di film ini. "Saya tidak membual, tapi percayalah, film Laskar Pelangi adalah film terbaik di Indonesia," katanya.(ANT)

Editor :