KPU Tasik: Heryawan-Deddy Unggul Sementara

Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha | Farid Assifa | Minggu, 24 Februari 2013 | 16:30 WIB
Dibaca:
Komentar:

KOMPAS.com/ Irwan Nugraha
Petugas KPU Kabupaten Tasikmalaya tengah merekapitulasi jumlah suara melalui sistem real count pada Minggu (24/2/2013).

TASIKMALAYA, KOMPAS.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya mulai merekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan Gubernur Jawa Barat. Hasil real count sementara, pasangan nomor empat Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar unggul dengan perolehan suara 33,99 persen.

Perhitungan suara real count KPU Kabupaten Tasikmalaya sampai pukul 16.00, baru terkumpul 12 kecamatan dari jumlah seluruhnya 39 kecamatan. Hasilnya, Dikdik-Toyib meraih 1,3 persen, Yance-Tatang 22,15 persen, Dede-Lex 22,37 persen, Heryawan-Deddy 33,99 persen dan Rieke-Teten 20,10 persen.

"Jumlah ini rekapitulasi real count yang diambil dari masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 39 kecamatan seluruhnya. Sekarang baru masuk sebanyak 12 kecamatan," jelas salah satu anggota KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ima Budi Rahayu kepada Kompas.com, Minggu (24/2/2013) sore.

Hasil perolehan suara dari tiap PPK ini, lanjut Ima, hasil perhitungan dari tiap panitia pemungutan suara (PPS) yang direkapitulasi dari hasil masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Perhitungan real count telah dimulai sejak pukul 15.00.

"Biasanya ini hasilnya bisa sampai malam. Kami pun menanyangkan hasilnya di layar lebar dan terbuka untuk umum, ditempel di depan kantor KPU," tandasnya.

Sementara, masyarakat dan beberapa tim sukses pasangan calon telah memenuhi pengumuman hasil real count di depan kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya. Beberapa petugas kepolisian setempat pun terlihat berjaga dengan senjata lengkap untuk mengamankan jalannya proses penghitungan suara.

Editor :
Farid Assifa