share on:

Wah, Ada Mobil Daihatsu Lebih Murah dari Ayla!

Penulis: Donny Apriliananda | Selasa, 24 September 2013 | 19:08 WIB

Konsep Daihatsu NC-Y lebih untuk orang yang suka kepraktisan berkendara. | KompasOtomotif/donny apriliananda
Daihatsu NC-Z di IIMS 2013, lebih ke arah sporty dan dinamis. | KompasOtomotif/donny apriliananda

Jakarta, KompasOtomotif — Ternyata ada model yang lebih mungil dari Daihatsu Ayla. Diluncurkan perdana di dunia (world premiere), Kamis (19/9/2013), konsep NC-Y dan NC-Z disebut-sebut sebagai adik dari Ayla karena dimensinya lebih kecil. Jika diproduksi, maka harganya akan lebih murah dari Ayla versi lebih murah, alias bakal di bawah Rp 75 juta!

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM), di pembukaan IIMS mengatakan bahwa mobil ini memang diposisikan di bawah Ayla. Tampilan yang simpel dan fungsional dirasa cocok untuk perkotaan yang cenderung padat. "Kami tengah menjajaki kemungkinan adanya pasar di bawah Ayla yang akan ditempati NC-Y dan NC-Z ini," ujarnya.

Meski belum diungkap detail, terutama teknologinya, diklaim bahwa kedua adik Ayla ini akan mengusung konsep teknologi ramah lingkungan dengan harga terjangkau. Duo mungil hasil pengembangan Daihatsu Motor Corp Jepang itu masing-masing beda karakter. NC-Y cocok untuk yang mengutamakan kepraktisan berkendara, sementara NC-Z berbalut desain sporty dan dinamis.

Pihaknya kini menjajaki, model mana yang lebih cocok untuk orang Indonesia. Konsumen akan menentukan, lebih suka mobil praktis dan fungsional, atau berdesain sport dan futuristik.

Kepala Penelitian dan Pengembangan ADM Satrio Budiono menjelaskan dalam konferensi pers, Selasa (24/9/2013), jika nanti duo adik Ayla masuk jalur produksi, harganya kemungkinan bisa menjadi Rp 70-an juta. "Pastinya belum tahu, yang jelas di kisaran itu," katanya.

Editor : Aris F. Harvenda

MAP