Nonton IIMS Besok Lebih Baik Naik "Shuttle Bus"

  • pic1
    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda
    Macet parah di kedua jalur di area dekat pintu masuk JIExpo
  • pic2
    Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda
    Pengujung yang parkir di luar area salah satu penyebab kemacetan

Jakarta, KompasOtomotif - Himbauan buat yang punya rencana menyambangi  perhelatan "IIMS ke-20" di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Besok (23/9). Dari pengalaman dialami KompasOtomotif  dan pengunjung, hari ini (22/9), bisa jadi bukti. Disarankan, datang ke arena pameran sepagi mungkin. Bila dibuka pukul 09.00, setengah jam sebelumnya sudah harus mendapat tiket alias mobil sudah terparkirkan.

Tidak disarankan datang ke lokasi JIExpo di atas pukul 10.00, khusus hari libur. Anda pasti akan mengalami banyak hambatan untuk sampai ke lokasi. Seperti dialami KompasOtomotif siang hari (22/9) ketika hendak masuk pintu 1 dan 2, antrean sudah panjang. Jarak ke pintu  tidak sampai 1 km, tapi butuh waktu 2 jam.

"Sabar mas, saya juga sudah antre hampir 2 jam," sapa Arifin saat KompasOtomotif turun dari mobil untuk mengabadikan momen macet jelang pintu masuk. Pengemudi KIA Picanto 2009 tersebut betah mengantre karena penasaran ingin melihat produk kolaborasi Toyota-Daihatsu, Agya dan Ayla.

Lajur akses dan pintu masuk sangat kurang menerima pengunjung yang membludak. Sudah begitu, tidak ada arahan atau pengaturan dari petugas kepolisian atau pengelola JIExpo. Menghadapi kondisi seperti ini, KompasOtomotif  coba pindah masuk ke jalan Rajawali menuju pintu 6, yang lalu lintasnya tidak macet karena tidak banyak yang mengetahui. Mulai dari gerbang hingga lokasi parkir yang berjarak setengah kilometer ditempuh hanya dalam waktu 15 menit.

Masalah lain muncul, area parkir yang sudah sesak. Banyak jalan sudah ditutup karena tak lagi mampu menampung mobil. Hanya keberuntungan yang akan memberi Anda ruang parkir. Belum lagi macet panjang saat keluar area pameran di malam hari menjelang tutup. Rekan KompasOtomotif harus rela mengantri 2 jam lebih untuk bisa keluar dari parkiran semalam (21/9). Untuk antisipasi kejadian semalam panitia memberlakukan biaya Rp 10.000 sehari (tidak terbatas jam).

Dari pengalaman ini, disarankan Anda menggunakan jas bus yang telah disediakan panitia pameran di Pondok Indah Mall, Plaza Senayan, Central Park (Podomoro City), dan Margo City (Depok).  

Gallery