Warga Bogor Ramai-ramai Gelar Shalat Gerhana

Rabu, 9 Maret 2016 | 15:50 WIB
KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Ratusan warga Kota Bogor mengikuti shalat gerhana berjamaah di Masjid Raya Bogor, Rabu (9/3/2016).

BOGOR, KOMPAS.com - Ratusan masyarakat Kota Bogor memadati Masjid Raya Bogor untuk mengikuti shalat gerhana, Rabu (9/3/2016). Tak hanya warga, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pun ikut shalat gerhana berjamaah.

Bima mengimbau, kepada warga yang ingin menyaksikan proses gerhana matahari agar berhati-hati.

Menurutnya, meski Bogor hanya dilintasi gerhana matahari sebagian (parsial, red) warga tetap harus waspada saat beraktivitas di luar ruangan. Terutama bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut juga diminta untuk menggunakan kaca mata pelindung yang direkomendasikan.

"Walau hanya sebagian, tetap saja berbahaya menyaksikan gerhana dengan mata telanjang. Sebaiknya yang ingin melihat gunakanlah kaca mata yang direkomendasikan," ucap Bima, usai melaksanakan shalat gerhana, Rabu (9/3/2016).

Bima menambahkan, terjadinya gerhana matahari adalah fenomena alam yang langka. Sebagai umat muslim, lanjutnya, fenomena ini harus dijadikan momentum mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dalam Islam, jika terjadi gerhana disunahkan mengerjakan shalat gerhana. Untuk itu, saya mengajak kepada umat muslim Kota Bogor untuk mengerjakannya," kata Bima.

Untuk kota-kota di Jawa Barat, gerhana matahari parsial dimulai pukul 06.19 WIB. Puncak gerhana pukul 07.21 WIB dan berakhir pukul 08.32 WIB. Durasi gerhana di Jawa Barat adalah 2 jam 11 menit.

Kota-kota di Jawa Barat yang bisa menyaksikan gerhana matahari persial meliputi Bandung, Pelabuhan Ratu, Bogor, Depok, Cibinong, Sukabumi, Bekasi, Cianjur, Cikarang, Kawarang, Purwakarta, Soreang, Ngamprah, Cimahi, Subang, Garut, Sumedang, Singaparna, Tasikmalaya, Majalengka, Ciamis, Indramayu, Sumber, Kuningan, Banjar, Parigi, Cirebon.

Khusus untuk Tasikmalaya, Majalengka, Ciamis, Indramayu, Sumber, Kuningan, Banjar, Parigi dan Cirebon, terdapat perbedaan waktu, yakni gerhana mulai terjadi pukul 06.20 WIB, puncak gerhana pukul 07.21 WIB dan berakhir pukul 08.32 WIB.

Durasi gerhana 2 jam 12 menit. Sementara di Banten, waktu gerhana hampir sama dengan di Jakarta. Gerhana dimulai pukul 6.19 WIB hingga 08.30 WIB.

Penulis : Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Editor : Fidel Ali