Media Asal Inggris Ini Beritakan Gerhana dalam Bahasa Indonesia

Rabu, 9 Maret 2016 | 10:12 WIB
Andri Donnal Putera/ KOMPAS.com Media asal Inggris The Guardian menyajikan liputan gerhana dalam bahasa Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com — Gerhana matahari total yang melintasi Indonesia pada Rabu (9/3/2016) pagi menarik perhatian media internasional.

Surat kabar asal Inggris, The Guardian, bahkan menyajikan siaran langsung gerhana matahari tersebut dalam bahasa Indonesia.

Melalui situsnya, www.theguardian.com, media tersebut memberikan akses bagi pembaca yang ingin menyaksikan gerhana matahari melalui live streaming.

Di laman website tersebut, pembaca dapat memilih menu bahasa Indonesia. Adapun gerhana matahari total berlangsung selama 3 jam 30 menit.

Beberapa wilayah di Indonesia jadi lokasi strategis untuk melihat gerhana matahari total.

Berikut prosesnya:

1. Kontak pertama untuk gerhana matahari total terjadi di Kutaagung, Lampung, pukul 06.19.41 WIB yang kemudian berlanjut di kota-kota lainnya, seperti Jakarta, Bandung, Palembang, dan yang terakhir Jayapura, pada pukul 06.53.42 WIB.

2. Fase gerhana matahari total dan puncak gerhana pada pukul 07.18.20 WIB dimulai dari Sei, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dan berakhir pada pukul 08.17.40 WIB di Jayapura, Papua.

3. Fase kontak terakhir dimulai pada pukul 08.24.55 WIB di Banda Aceh, dan yang terakhir terjadi pada pukul 09.48.45 WIB.

Gerhana matahari total akan terlihat di 12 provinsi, yakni Bengkulu (Muko-Muko), Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Penulis : Andri Donnal Putera
Editor : Icha Rastika