Tak Bisa Nonton Gerhana Langsung, Anda Bisa "Live Streaming" Melalui Situs Ini

Rabu, 9 Maret 2016 | 06:50 WIB
KOMPAS/KARTONO RYADI Keindahan Gerhana Matahari Total (GMT) yang banyak diburu orang. Foto ini diambil dari Pantai Penyak, 36 kilometer di selatan Pangkal Pinang, Bangka, Sumatera Selatan, saat terjadi GMT 18 Maret 1988. GMT akan kembali terjadi di wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Rabu (9/3/2016), Indonesia akan mengalami gerhana matahari total (GMT) di sejumlah wilayah.

Bagi yang tidak dapat menyaksikan langsung fenomena alam itu, Anda dapat menikmatinya melalui live streaming di situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). http://media.bmkg.go.id/gmt.

Adapun GMT di sejumlah wilayah di Indonesia berlangsung selama 3 jam 30 menit. Prosesnya sebagai berikut:

- Kontak pertama untuk GMT terjadi di Kutaagung, Lampung pukul 6:19:41 WIB yang kemudian diikuti oleh kota-kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, Palembang dan yang terakhir Jayapura pada pukul 06:53:42 WIB.

- Fase GMT Total dan Puncak Gerhana pada pukul 07:18:20 WIB dimulai dari Sei Kepulawan Mentawai Sumatera Barat dan terakhir pada pukul 08:17:40 WIB di Jayapura, Papua.

- Fase Kontak Terakhir dimulai pukul 08:24:55 WIB di Banda Aceh dan yang terakhir pukul 09:48:45 WIB

Adapun GMT ini akan melintasi 12 wilayah provinsi, yaitu Bengkulu (Muko-Muko), Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sementara itu, kota-kota besar yang dilalui GMT adalah Muko-Muko, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate.

Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Icha Rastika