Fotografer Siapkan "Amunisi" Perburuan Gerhana Matahari

Selasa, 8 Maret 2016 | 22:15 WIB
KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Ricky Darmawan (kiri) dan Ferry Waning (kanan) saat membuat filter sederhana yang akan digunakan untuk mengabadikan momen gerhana matahari total di Pontianak, Kalimantan Barat (8/3/2016)

PONTIANAK, KOMPAS.com — Berbagai persiapan menyambut gerhana matahari total di Pontianak masih terasa hingga malam hari, tak terkecuali dari komunitas pencinta fotografi. Bahkan, hingga malam hari, persiapan tersebut masih dilakukan, terutama mempersiapkan "amunisi" berburu foto fenomena langka tersebut.

Ricky Darmawan, salah satu fotografer yang tergabung dalam Pontianak Photography Comunity, mengatakan, fenomena langka yang akan terjadi pada 9 Maret tersebut sayang untuk dilewatkan tanpa diabadikan.

Sebagai persiapan, Ricky dan rekannya pun menyulap barang bekas menjadi filter yang akan dipasang pada ujung lensa.

"Kami gunakan barang bekas, seperti rol kertas dan kaca yang dilapisi film yang biasa dipakai untuk mobil," kata Ricky, Selasa (8/3/2016) malam.

Senada dengan Ricky, fotografer lainnya, Ferry Waning, mengungkapkan hal serupa. Berbekal sedikit kreativitas, barang bekas tersebut dirangkai menjadi satu sehingga mudah digunakan dan dipasang pada ujung lensa tanpa harus repot-repot dipegang.

"Rencananya, kami besok akan hunting di sekitar Taman Alun Kapuas karena di situ posisi dan view-nya lebih terbuka," kata Ferry.

Meski hanya dilalui gerhana dengan intensitas 93 persen, hal tersebut tak menyurutkan niat mereka untuk mengabadikan momen langka tersebut. Pontianak termasuk dalam kategori sedang saat fenomena gerhana berlangsung.

"Semoga besok cuaca cerah, dan kami bisa menikmati fenomena langka ini," kata Ferry.

Penulis : Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
Editor : Erlangga Djumena