Ini Dua Tempat Favorit di Semarang Lihat Gerhana Matahari

Selasa, 8 Maret 2016 | 16:42 WIB
DOK GRAMEDIA Kacamata khusus untuk menyaksikan gerhana matahari yang dijual khusus di Gramedia.

SEMARANG, KOMPAS.com – Setidaknya ada dua tempat yang representatif di Kota Semarang, Jawa Tengah untuk melihat gerhana matahari secara langsung, Rabu (9/3/2016) besok. Dua tempat tersebut, yaitu di Kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan Taman Tabanas, kawasan Gombel Semarang.

Dari kompleks MAJT, pengurus setempat menyediakan tiga buah teleskop dan ribuan kacamata hitam khusus.

Menurut Wakil Ketua pengurus MAJT, Agus Fathuddin Yusuf, tiga teleskop tersebut ialah teleskop Altazimut I Ptron, Teleskop Equatorial Xorion dan Teleskop Altazimut Vixen.

“Ada 5.000 kacamata yang kami sediakan," kata Agus, di Semarang, Selasa (8/3/2016).

Seluruh kegiatan pengamatan gerhana matahari akan dipusatkan di halaman plaza MAJT, atau di bawah payung elektrik. Pihak MAJT juga akan menggelar salat gerhana matahari di pelataran masjid.

Sementara di Taman Tabanas, atau Gombel, kegiatan menonton gerhana diselenggarakan komunitas astronomi Amatir Semarang (HAAS).

Waktu yang disiapkan untuk melihat pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Di tempat ini, panitia menggelar nonton bersama dengan 200 orang pecinta astronomi lokal.

Panitia juga menyediakan dua buah teleskop, serta ratusan kacamata filter matahari kepada masyarakat yang hendak menonton.

“Kacamata bisa dibeli langsung ke panitia. Sejauh ini banyak orang yang tertarik untuk datang,” ujar Koordinator Himpunan Astronomi Amatir Semarang, Dwi Lestari.

Penulis : Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Editor : Erlangga Djumena