Ribuan Wisatawan Asing Akan Saksikan Gerhana di Selat Makassar

Selasa, 8 Maret 2016 | 11:13 WIB
KOMPAS.com/Hendra Cipto Sebanyak 1290 wisatawan asing dari berbagai negara akan menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Selat Makassar. Kapal pesiar Amerika dan Belanda bernama ms Volendam yang ditumpangi wisatawan tersebut, kini telah bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Selasa (8/3/2016).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 1.290 wisatawan asing dari berbagai negara akan menyaksikan gerhana matahari total (GMT) 2016 di Selat Makassar.

Kapal pesiar Amerika dan Belanda bernama ms Volendam yang ditumpangi wisatawan tersebut kini telah bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Selasa (8/3/2016).

Kapal berbendera Belanda ini berpesiar dari Singapura-Jakarta-Semarang-Probolinggo-Makassar-Pulau Komodo-Bali-Singapura.

Kapal pesiar berukuran panjang 273 meter dengan berat 61214 GT dibawa oleh agen perjalanan wisata PT Lestari Abadi Sakti.

Adapun wisatawan asing yang menumpang di kapal pesiar itu dari Australia, Austria, Belarus, Brazil, Bulgaria, Kanada, Chile, China, Kroasia dan negara lainnya.

Perwakilan PDRT Agent, Munafzir Fachri, saat ditemui wartawan di pelabuhan Soekarno Hatta mengatakan, paket tur yang dipandunya tidak mengutamakan perjalanan untuk melihat GMT 2016. Hanya saja, pas perjalanan turnya berada di Makassar, maka wisatawan bisa menyaksikan GMT di tengah laut.

"Sebentar kita akan kembali berlayar di perairan Selat Makassar. Jadi pas besok pagi gerhana, kapal berada di tengah laut yang kebetulan jalurnya dilintasi oleh Gerhana Matahari Total 2016," katanya.

Penulis : Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor : Farid Assifa