Di Lampung, Gerhana Matahari Mendekati Sempurna

Selasa, 8 Maret 2016 | 10:35 WIB
BMKG Peta lintasan gerhana matahari 9 Maret 2016 di Indonesia, juga peta magnitudo. Sumatera Selatan, khususnya Palembang, adalah area pertama yang mengalaminya, dengan kontak pertama sekitar pukul 06.19 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Masyarakat Lampung bagian utara bisa menyaksikan gerhana matahari total (GMT) secara sempurna, Rabu (9/3/2016) besok.

Kasi Informasi dan Data BMKG Radin Intan II Lampung, Sugiono, Selasa (8/3/2016), menjelaskan, ada tiga kabupaten di Lampung yang bisa dijadikan tempat mengamati GMT yang mendekati sempurna.

"Fenomena gerhana di Lampung kami menyebutnya GMT mendekati sempurna," kata Sugiono.

Lokasi pengalamatan GMT mendekati sempurna itu berada di Wiralaga, Kabupaten Mesuji; Panaragan Jaya, Kabupaten Tulangbawang Barat dan; Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

"Titik yang paling bagus pengamatan GMT mendekati sempurna itu berada di Wiralaga, Kabupaten Mesuji, sekitar 2 menit kita bisa mengamatinya," kata Sugiono.

Proses pengamatan GMT mendekati sempurna di Lampung bisa dilakukan sekitar pukul 6.20 WIB.

Menurut dia, di Kota Bandarlampung sebenarnya masih bisa melihat GMT namun hanya sebagian kecil saja.

Sugiono memberitahukan masyarakat Lampung yang ingin melihat GMT secara bersama bisa datang langsung ke kampus Institute Teknologi Sumatera (Itera).

Ghuzwul Fiqri, panitia pengamatan GMT Itera, mengatakan, sampai saat ini sudah ada 500 peserta yang sudah mendaftar.

"Sebelumnya mereka sudah mengkuti workshop tentang proses GMT beberapa hari lalu," ujar dia.

Sebagian besar peserta adalah mahasiswa dan siswa sekolah yang ada di Bandarlampung.

Setelah menyaksikan gerhana matahari, peserta yang hadir diharapkan langsung melaksanakan shalat gerhana secara berjamaah.

Penulis : Kontributor Lampung, Eni Muslihah
Editor : Farid Assifa