Besok, Warga Surabaya Bisa "Nobar" Gerhana Matahari Total

Selasa, 8 Maret 2016 | 10:01 WIB
KOMPAS/PRIYOMBODO Untuk menyasikan gerhana matahari, dianjurkan untuk mengenakan kacamata pelindung khusus.

SURABAYA, KOMPAS.com - Meski tidak secara langsung dilewati gerhana matahari total, warga Surabaya tetap bisa melihat prosesinya, Rabu (9/3/2016) besok.

Di masjid Al-Akbar Surabaya, akan digelar nonton bareng (nobar) gerhana matahari total. Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) telah menyiapkan perangkat alat khusus untuk menangkap citra matahari dari teleskop dan merefleksikannya ke layar lebar yang sudah disediakan di dalam dan di halaman masjid Al-Akbar, Surabaya.

"Masyarakat kami persilakan untuk menonton bersama-sama fenomena alam gerhana matahari total besok di Masjid Al-Akbar, Surabaya besok," kata Sekretaris Lembaga Falakiyah PWNU Jatim, Afif Amrullah, Selasa (8/3/2016).

Perangkat alat tersebut, kata Afif, biasa digunakan PWNU Jatim untuk melakukan rukyatul hilal atau penentuan awal Ramadhan dan jatuhnya Idul Fitri.

"Hanya menambah beberapa alat seperti kamera dan layar lebar," jelasnya.

Sebelum digelar "nobar" gerhana matahari total, masyarakat diajak untuk shalat gerhana berjamaah di Masjid Al-Akbar bersama pengurus PWNU, Majelis Ulama Indonesia Jatim, dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. 

Gerhana matahari total melewati beberapa lokasi di Indonesia di antaranya Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Sedangkan untuk kota Surabaya hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian. Untuk wilayah Surabaya, GMT terjadi sekitar pukul 06.21 - 08.39 WIB.

Penulis : Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Farid Assifa