Stasiun TV Internasional Siarkan GMT Langsung dari Halmahera Timur

Senin, 7 Maret 2016 | 19:50 WIB
Kompas.com "Gerhana: Perjalanan Manusia Memahami Semesta Melalui Sang Surya"

TERNATE, KOMPAS.com - Perusahaan penyiaran televisi nasional maupun mancanegara akan turut ambil bagian menyiarkan secara langsung fenomona alam Gerhana Matahari Total (GMT) di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara pada Rabu 9 Maret mendatang.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Halmahera Timur Yusup Thalib SH menjelaskan, ada tiga perusahaan televisi nasional maupun internasional yang telah memastikan kedatangan mereka ke Halmahera Timur dalam rangka menyiarkan GMT yang berdurasi 3 menit 17 detik.

"Yang sudah ada sementara baru dari CNN, saat ini sedang berada di Hotel Kartika Buli," ujar Yusup, Senin (7/3/2016).

Sementara dua stasiun televisi lainnya yakni TV One maupun al Jazeera TV dipastikan kedatangan mereka pada Selasa (08/3/2016) besok. “Untuk TV one dan al Jazeera akan datang besok, mereka sudah melapor ke kita,” kata dia.

Dia berharap melalui momentum ini, Halmahera Timur bisa terekspose ke mancanegara dan tentunya dari dunia pariwisata ke depan, Halmahera Timur dapat dijadikan sebagai destinasi yang menjadi pilihan para turis.

Pemilik hotel Kartika Buli Halmahera Timur, membenarkan bahwa beberapa wartawan CNN telah tiba di Buli sejak beberapa hari lalu.

"Yang baru datang dari CNN, mereka sekitar 5 orang, sementara lainnya para peneliti," katanya.

Penulis : Kontributor Ternate, Fatimah Yamin
Editor : Erlangga Djumena