Nonton Gerhana di Benteng Marlborough Dapat Kacamata Gratis

Senin, 7 Maret 2016 | 18:49 WIB
kompas.com/Firmansyah Benteng Marlborough dibangun Inggris. Selama 140 tahun menjajah Bengkulu Inggris membangun benteng yang disebut terbesar di Asia Tenggara ini guna mengamankan perdagangan rempah-rempah dan kepentingan politik selama di Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com - Pemprov Bengkulu akan membagikan kacamata gratis untuk tamu yang menonton gerhana matahari total di Benteng Marlborough, Rabu (9/3/2016). Pemprov Bengkulu menjadikan Benteng Marlborough sebagai pusat nonton bareng dan shalat gerhana bersama gubernur dan tamu daerah.

"Kacamata ini dibagi secara gratis di samping kacamata akan ada juga pembagian famplet mengenai tatacara sholat gerhana. Pada hari itu akan hadir FKPD,PNS, Pejabat Prov dan kota, Pelajar SMA, MAN dan Santri serta para tokoh masyarakat dan perguruan tinggi berjumlah 3.868 akan memadati Benteng Marlborough," kata Kabid Pelayanan Komunikasi dan Informasi Publik, Pemprov Bengkulu, Sri Hartika Tholib, Senin (7/3/2016).

Rangkaian acara diawali salat gerhana berjamaah kemudian sambutan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan tepat pukul 07.19 serentak peserta mengenakan kacamata sambil menatap proses bulan menutupi matahari secara penuh.

Acara gerhana matahari ini akan dihadiri pejabat nasional Ketua DPR RI Ade Komarudin, bersama empat orang anggota DPD lainnya yakni Misbakhun, Bambang Susatyo, Markustari, dan Firman Subagyo. Hadir pula mantan Menteri Agung Laksono bersama keluarga besarnya.

BMKG Bengkulu memperkirakan 85 persen cuaca akan mendung menjelang peristiwa alam tersebut. Momen langka ini akan dimeriahkan dengan kesenian tradisional musik dol dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional.

Penulis : Kontributor Bengkulu, Firmansyah
Editor : Caroline Damanik